Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Nov 2019 04:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Fakta Masjid Raya Xian yang Tertua di China

Lusiana Mustinda
detikTravel
Masjid Xian di China. Foto: Thinkstock
Masjid Xian di China. Foto: Thinkstock
Jakarta - China ternyata memiliki masjid tertua di kawasan Xian. Masjid dengan arsitektur unik ini jadi sejarah peradaban Islam di China. Ini fakta tentang masjid Raya Xian.

Sudah sejak lama, Islam berkembang di China. Ada sekitar tujuh puluh ribu lebih penduduknya dari Suku Hui yang menganut agama Islam. Dengan banyaknya Muslim di Xian, tentunya ada masjid yang dibangun untuk beribadah.


Dirangkum dari detikcom, berikut ini beberapa fakta menarik soal Masjid Raya Xian (https://www.detik.com/tag/masjid) di China yang kamu harus tahu:

1. Lokasi

Masjid ini terletak di Kota Xian, Provinsi Shaanxi, China. Masuk dalam Islamic Heritage List dari UNESCO, masjid ini terletak di tengah kota dekat dengan kawasan Muslim Quarter yang terkenal dengan kuliner halal serta surganya belanja pernak-pernik khas Muslim.

2. Sejarah

Bangunan masjid dimulai pada 742 atau abad ke-8 Masehi di tahun pertama Pemerintahan Kekaisaran Tia Bo Xuanrong dari Dinasti Tang. Dengan bangunan ini berdiri, terlihat bahwa ribuan tahun lalu, Kerajaan Tiongkok sudah mendukung pengembangan Islam.

Pembangunan dilanjutkan pada era Dinasti Song, Dinasti Yuan, serta Dinasti Qing. Awal mula perkembangan Islam di Xian ini ditandai dengan pengikut Rasulullah yang berjalan jauh menyebarkan agama Islam hingga ke China serta para pedagang Arab yang datang ke Xian melalui Jalur Sutra.

3. Masjid 1.300 Tahun

Masjid Xian sudah berdiri sejak 1.300 tahun yang lalu. Great Mosque of Xian ini memang terbuka untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi turis non Muslim juga boleh berkunjung, namun dilarang ke bangunan utama atau tempat salat.

4. Masjid Tertua di China

Masjid tersebut luasnya 13 ribu m2 dengan bangunan utama seluas 6 ribu m2. Great Mosque of Xian yang disebut-sebut sebagai masjid tertua di China ini bangunannya begitu unik.

5. Bangunan yang Unik

Beda negara, berbeda juga gaya arsitekstur masjid. Berbeda dengan kebanyakan yang berkubah besar, masjid ini berbentuk seperti kelenteng dengan beberapa pagoda yang berfungsi sebagai menara masjid.

Tak hanya itu, di masjid ini juga ada beberapa bangunan yang digunakan untuk menyimpan benda peninggalan Dinasti Ming. Mulai dari kursi hingga barang pecah belah. Barang antik ini juga bisa jadi objek wisata para turis yang berkunjung ke masjid Xian ini.







Simak Video "Mengenal Master Mushaf Alquran Standar Indonesia Rasm Usmani"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA