Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Nov 2019 19:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Seperti di Film Frozen, Ini Negara-Negara 'Beku' di Dunia

Putu Intan
detikTravel
Reykjavik di Islandia. (Foto: iStock)
Jakarta - Buat yang sudah nonton film Frozen maka pasti terbayang hamparan salju. Nah, di dunia nyata, negara-negara ini pun identik dengan nuansa beku.

Kesuksesan film Frozen (2013) membuat Disney kini menggulirkan sekuelnya, Frozen 2, yang juga sudah mulai diputar di Indonesia. Takkan jauh-jauh dari salju karena Elsa si karakter utama memang didasarkan dari tokoh Ratu Salju dalam dongeng H.C. Andersen.

Buat yang akhir pekan ini sudah berencana ke bioskop nonton Frozen 2, sebelum dingin-dinginan di dalam bioskop dan terhanyut dalam petualangan Elsa dan Anna, yuk simak dulu negara-negara "beku" di dunia nyata karena secara umum punya suhu paling rendah di Bumi, seperti dirangkum detikcom dari Skymetweather.com.




1. Antartika

Terletak di Kutub Selatan, Antartika menjadi tempat terdingin di dunia. Dengan 98 persen wilayahnya tertutup es, suhu terendah di benua ini bisa mencapai -90 derajat celcius. Tempat ini semakin dingin karena sedikit terpapar sinar matahari.

Seperti di Film Frozen, Ini Negara-Negara 'Beku' di DuniaFoto: Mario Tama/Getty Images

2. Rusia

Negara terluas di dunia ini sudah lama terkenal dengan suhu dinginnya. Suhu di sini bisa mencapai -40 derajat celcius pada saat musim salju. Puncak musim panas di sini juga tak terasa panas karena suhu rata-ratanya adalah 3 derajat celcius. Maka tak heran jika negara beruang putih itu menjadi negara kedua terdingin di dunia.

3. Greenland

Selain Antartika, wilayah Greenland juga tertutup lapisan es. Di negara ini, rata-rata suhu hariannya mencapai -9 derajat celcius sementara suhu terpanasnya mencapai 7 derajat celcius.

Seperti di Film Frozen, Ini Negara-Negara 'Beku' di DuniaEs Greenland. (Foto: iStock)

4. Kanada

Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara. Negara ini terkenal dengan iklimnya yang dingin. Ketika musim dingin, Kanada seringkali dilanda badai salju dan badai es. Suhu terendah bisa mencapai -50 derajat celcius. Sementara itu di musim panas, misalnya di Vancouver suhunya berkisar antara 0 sampai 25 derajat celcius.

5. Amerika Serikat

Wilayah Amerika Serikat yang luas memang membuat suhu negara ini beragam. Namun kalau bicara mengenai suhu dingin, suhu terendah negara ini bisa mencapai -60 derajat di Alaska sampai salju tebal yang menutupi seluruh Washington.

6. Islandia

Islandia yang terletak di barat laut Eropa ini lokasinya berdekatan dengan Greenland dan Norwegia. Serupa dengan negara tetangganya, suhu negara ini juga rendah sepanjang tahun. Suhu terendahnya bisa menyentuh angka -30 derajat celcius.

Seperti di Film Frozen, Ini Negara-Negara 'Beku' di DuniaReykjavik, Islandia. (Foto: iStock)

7. Kazakhstan

Kazakhstan merupakan negara yang terletak di dua benua yaitu kawasan Asia Tengah dan Eropa Timur. Suhu terendah negara ini sekitar -50 derajat celcius. Selain bersuhu rendah, negara ini juga sering dilanda hujan lebat.

Seperti di Film Frozen, Ini Negara-Negara 'Beku' di DuniaAstana, Kazakhstan. (Foto: iStock)


8. Finlandia

Selama musim dingin, negara ini bisa tertutup salju selama satu bulan bahkan lebih. Selama periode itu, temperatur bisa turun sampai -20 derajat celcius.

9. Estonia

Estonia di Eropa Utara juga terkenal akan suhu dinginnya. Rata-rata suhu di sini adalah 5 derajat celcius. Suhu dingin di sini bahkan sampai menghambat kegiatan sehari-hari. Suhu akan semakin rendah ketika hujan turun.

Seperti di Film Frozen, Ini Negara-Negara 'Beku' di DuniaTallinn, Estonia. (Foto: iStock)

10. Mongolia

Mongolia punya suhu rata-rata kurang dari nol derajat celcius. Suhu terendah bisa mencapai -20 derajat celcius. Suhu akan lebih hangat pada bulan April sampai Oktober.

Seperti di Film Frozen, Ini Negara-Negara 'Beku' di DuniaHatgal, Mongolia. (Foto: iStock)
Halaman
1 Tampilkan Semua

(krs/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA