Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Des 2019 16:44 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Jepang yang Pemalu, Toilet Saja Dibuat Bisa Bernyanyi

Syanti Mustika
detikTravel
Toilet Jepang (Syanti/detikcom)
Kawaguchiko - Sebagai negara maju, apa sih yang tidak bisa dimiliki Jepang? Namun mereka membuat toilet bisa bersenandung karena sifat pemalu orang-orangnya.

Apa yang traveler bayangkan tentang negara Jepang? Warganya yang bersih dan on time? Negara industri yang maju? Negara dengan ribuan vanding machine? Negara dengan Ztoilet canggih? Itu semua benar.

Namun dibalik fakta itu semua, warga Jepang sejatinya punya sifat yang pemalu. Dapat dilihat dari desain toilet mereka yang tak hanya canggih, namun juga bisa bersenandung.

detikcom bersama Smartfren datang ke Jepang. Kami pun singgah diberbagai tempat dan menemukan adanya tanda 'flushing sound' di salah satu tombol toiletnya.

Jepang yang Pemalu, Toilet Saja Dibuat Bisa BernyanyiFoto: (Syanti/detikcom)


"Orang Jepang sangatlah pemalu. Makanya di toilet mereka ada fitur 'flushing sound' untuk meredam bunyi-bunyi saat kita buang air besar," ungkap Andi, guide yang menemani detikcom di Jepang.

Di suatu kesempatan detikcom pun mencoba menggunakan fitur flashing sound ini. Bunyinya pun sungguh riuh seperti robot yang sedang berperang. Dan fitur ini memang bisa meredam bunyi 'plung-plung' dan keriuhan saat buang air besar.



Menariknya lagi, detikcom pun terkejut karena tidak menemukan tempat sampah untuk bekas tisu toilet. Ternyata tisunya langsung dibuang dan dihanyutkan ke toilet.

"Warga Jepang orangnya juga sangat bersih dan menjaga lingkungan. Tisu toilet mereka pun sudah di desain sedemikian rupa hingga saat di masukan ke toilet, tisu langsung hancur. Makanya mereka tidak butuh tempat sampah tisu toilet," jelas Andi.

Pada saat memasuki musim dingin ini, toilet juga menyesuaikan suhu. Dudukan dan airnya akan terasa hangat.

"Pada saat musim dingin dudukan toilet otomatis jadi hangat. Begitu juga dengan air bilasnya," tutup Andi.

Hal menarik lainnya yang detikcom temukan adalah adanya huruf braile di setiap fitur toilet. Berarti orang Jepang memikirkan kecanggihan memang untuk semua kalangan.





Simak Video "Jepang Kebanjiran, Rumah hingga Mobil Terendam"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA