Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Des 2019 10:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

10 Tempat Wisata di Belanda, dari Kincir Angin hingga Kanal Amsterdam

Niken Widya Yunita
detikTravel
10 Tempat Wisata di Belanda, dari Kincir Angin hingga Kanal Amsterdam (Foto: Johanes Randy)
Jakarta - Liburan akhir tahun ini mau ke Eropa? Belanda jangan sampai terlewatkan. Banyak tempat wisata di Belanda yang menarik.

Belanda adalah negara di Eropa favorit wisatawan dari mancanegara, termasuk dari Indonesia. Apalagi Indonesia dan Belanda memiliki keterkaitan emosional. Ya Indonesia dulu dijajah oleh Belanda.


Berikut tempat wisata di Belanda:

1. Desa Kinderdijk

Belanda disebut sebagai Negara Kincir Angin. Nah di Belanda, ada Desa yang terkenal dengan 1.000 kincir. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di Belanda yang paling populer.

Lokasinya terletak sekitar 15 km dari kota Rotterdam atau tepatnya berada di Alblasserwaard, Provinsi Belanda Selatan. Desa Kinderdijk dulunya merupakan dataran rendah yang posisinya di bawah permukaan laut dan sangat rawan banjir.

Pada awalnya untuk mengatasi masalah banjir di lokasi ini, hanya dibangun sebuah kanal sederhana. Namun, karena ketinggian air terus meningkat, pada tahun 1740 serangkaian kincir angin dimanfaatkan untuk membantu polder (daratan yang posisinya di bawah level air) tetap kering. Sedangkan menara berbaling-baling berfungsi sebagai pemompa air untuk dialirkan ke waduk menuju sungai. Kamu bisa menikmati keindahan Kinderdijk dengan berjalan kaki atau bersepeda.
Saat musim dingin, kamu bisa bermain ice skating karena permukaan air sungai akan membeku.

2. Kanal Amsterdam

Ini tempat wajib yang harus dikunjungi yakni Kanal Amsterdam. Kanal-kanal ini dibangun pada abad ke-17 dan merupakan simbol kebanggaan kota Amsterdam. Apalagi kanal ini masuk dalam salah satu warisan budaya yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2010.

Di tempat romantis ini kamu bisa berkeliling kota dengan menyusuri kanal-kanal tersebut. Jangan lupa berfoto di jembatan dengan latar belakang kanal ya!

3. Taman Bunga Keukenhof

Belanda terkenal akan Bunga Tulip. Di Belanda ada Taman Bunga Keukenhof, yang merupakan salah satu taman terindah di dunia.

Pada bulan Maret - Mei, pedesaan di Belanda akan berubah menjadi padang bunga tulip yang sangat luas dan indah. Selain tulip, ada Sakura, Anggrek, Mawar, Lavender, dan tumbuhan subtropis lainnya.

4. Dam Square

Tempat wisata di Belanda yang wajib dikunjungi adalah Dam Square. Dam Square adalah alun-alun yang kerap dijadikan tempat acara pentas seni.

Kawasan Dam Square dikelilingi bangunan kafe, bar, restoran, pusat belanja modern, dan atraksi wisata. Tak heran jika Dam Square ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan.

Dam Square berbentuk persegi panjang, 200 meter dari barat ke timur dan 100 meter dari utara ke selatan. Lokasi ini menghubungkan jalan-jalan Damrak dan Rokin. Di sebelah barat alun-alun terdapat istana neo-klasik Royal Palace. Bangunan ini berdiri sejak tahun 1655 sebagai balai kota yang kemudian berubah menjadi istana kerajaan pada tahun 1808.

Di sebelah tempat wisata di Belanda ini ada bangunan gereja abad ke-15 yang bergaya gotik, yaitu Nieuwe Kerk. Selain itu ada juga Museum Lilin Madame Tussaud. Ada juga Monumen Nasional, pilar batu putih untuk peringatan korban Perang Dunia II.

Pusat kota Amsterdam ini juga kerap diramaikan oleh kereta kuda, kereta listrik, mobil motor hingga sepeda. Kamu juga bisa berfoto bersama burung-burung yang ada di sekitar.

5. Rijksmuseum

Tempat wisata di Belanda ini merupakan museum seni dan sejarah terbesar di Belanda. Rijksmuseum sudah berdiri selama dua ratus tahun lebih.

Rijksmuseum menjadi rumah dari 20 karya terbaik Rembrandt, termasuk lukisan populernya De Nachtwacht. Selain Rembrandt seniman yang karyanya dipamerkan di sana adalah Vermeer, Hals, Steen, Van Dyck dan lainnya.

Di Museum Tempat wisata di Belanda ini juga ada koleksi dari Indonesia. Salah satunya adalah keris pemberian Sultan Madura Cakra Adiningrat VII kepada Raja William I pada tahun 1835. Keris bertabur 117 batu berlian ini diberikan sebagai tanda terimakasih.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA