Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Jan 2020 13:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ladang Gipsum Terluas Sedunia Jadi Taman Nasional Terbaru AS

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
White Sands National Park (Foto: iStock)
Jakarta - Amerika Serikat menetapkan White Sands National Monument sebagai taman nasional terbarunya. Inilah ladang gipsum terluas sedunia.

Seperti diberitakan CNN, Amerika Serikat menjadikannya sebagai taman nasional yang ke-62. White Sands National Monument berada di selatan New Mexico berganti nama menjadi Taman Nasional Pasir Putih (White Sands National Park).

White Sands dimasukkan dalam UU Otorisasi Pertahanan Nasional untuk Tahun Anggaran 2020. Dewan Perwakilan Rakyat AS meloloskan undang-undang itu pada 11 Desember dengan Senat mengikuti jejaknya pada 16 Desember. Presiden Donald Trump menandatangani RUU itu pada 20 Desember.

Terletak di Cekungan Tularosa, White Sands adalah salah satu keajaiban alam. Gurun pasir seluas 442 kilometer persegi itu menjadikannya sebagai ladang gipsum terbesar di dunia, menurut National Park Service.

Gipsum adalah mineral yang tidak larut dalam air, umumnya berwarna putih, keras seperti kapur, digunakan untuk membuat plafon atau dinding. Mudah rusak, butirannya memantulkan cahaya dan memberikan efek salju.


Yang memungkinkan pasir gipsum terbentuk adalah air. White Sands adalah lingkungan basah dengan kelembaban 100%.

Bukit pasir di White Sands kemungkinan mulai terbentuk 7.000 hingga 10.000 tahun yang lalu ketika Danau Otero mulai mengering. Ada hembusan angin yang konsisten dan beberapa bukit pasir bergerak sejauh 3-4 meter per tahun.

Tapi, ada air permukaan di bawah bukit pasir. Gunanya sebagai lem yang menahan bukit pasir di tempatnya.

Menurut National Park Service, berbagai perusahaan komersial berupaya menambang bukit gipsum di awal abad ke-20. Tapi tidak ada yang berhasil karena rendahnya nilai dari pasir gipsum yang belum diolah.

Hal itu mendorong penduduk setempat untuk melindunginya. White Sands dinobatkan sebagai monumen nasional pada tahun 1933 di akhir pemerintahan Presiden Herbert Hoover.




Simak Video "3 Hari Berturut-turut, AS Catat Lebih dari 1.200 Kematian Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA