Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Feb 2020 20:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Setiap Setahun Sekali Air di Danau Ini Menghilang dengan Misterius

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Rainbow in Medicine Lake area in Jasper National Park
Medicine Lake Foto: Don White/iStock
Jasper -

Air di Medicine Lake yang terletak di Taman Nasional Jasper, Alberta, Kanada ini mirip tukang sulap. Airnya bisa secara misterius hilang tiba-tiba padahal tidak ada saluran irigasi yang terhubung dengan danau. Kemana airnya pergi?

Danau dengan panjang 7 km ini terkenal karena kecantikannya dan fotonya pun Instagrammable banget. Medicine Lake terletak sekitar 20 km tenggara dari kota Jasper, Alberta. Danau Medicine merupakan danau yang relatif dangkal.

Dari bulan Mei hingga September, Medicine Lake memiliki permukaan yang berkilau dan memantul. Traveler pun bisa melihat aneka hewan seperti rusa, serigala, rusa besar, domba gunung, dan bahkan beruang sesekali.

[Gambas:Instagram]

Tapi Medicine Lake lebih terkenal karena airnya yang setiap musim gugur, danau itu benar-benar mengering. Dan anehnya lagi tidak ada sungai atau saluran air yang terlihat mengalir keluar.

Mengutip Fresh Daily, (Senin (17/2/2020) jawaban dari pertanyaan ini adalah karena danau gletser ini punya sinkhole yang unik. Air danau mengalir melalui dasar danau menuju gua kapur di bawah danau.

Medicine Lake pun disebut-sebut memiliki sistem gua terbesar yang tidak dapat diakses di mana pun di dunia. Dahulu fenomena ini sempat bikin orang bingung, karena itu mereka menamai danau ini dengan sebutan Medicine Lake karena kekuatan airnya yang tampaknya ajaib.

Tapi air danau yang misterius itu akhirnya mendapatkan jawaban setelah para ilmuwan tahun 1970-an menemukan serangkaian gua di bawah. Ini membuktikan bahwa air tidak hilang, hanya ditampung sementara di danau, mirip bak mandi dengan saluran air yang tersumbat, kemudian mengalir ke gua bawah tanahnya.



Simak Video "Badai Salju Hantam Kanada!"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA