Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Feb 2020 10:08 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mahalnya 'Hiburan' Untuk Orang Korea Selatan

Bonauli
detikTravel
Deskterior di Korea Selatan
Deskterior Foto: (BBC)
Seoul -

Korea Selatan begitu identik dengan berbagai cerita romantisnya. Tapi siapa sangka, warga Korsel punya jam kerja yang sangat panjang hingga sulit menghibur diri.

Korea Selatan menjadi negara maju dengan jam kerja terpanjang, menurut Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (Organization for Economic Cooperation and Development, OECD) pada tahun 2018.

Saking panjangnya jam kerja, orang Korea Selatan akhirnya membuat hiburan tersendiri di meja kerja, deskterior. Ya, deskterior adalah tindakan mendekorasi meja kantor dengan barang-barang yang disukai.

Hal ini sengaja dilakukan agar para pekerja betah bekerja. Kalau suka warna pink, meja akan dihias dengan barang-barang berwarna senada.



Tak hanya soal warna, barang seperti kipas angin mini, pelembab udara mini dan alat sterilisasi pun umum ditemukan di meja kerja orang Korsel.

"Saya sudah bekerja di sini selama sekitar enam tahun dan mendekorasi meja saya sejak bergabung dengan perusahaan ini. Saya menghabiskan rata-rata 30.000 hingga 40.000 won (sekitar Rp350.000 hingga Rp450.000) per bulan, tapi bisa sampai 150.000 won (Rp 1,7 juta) jika ada produk baru." ujar Le Ju Hee, seorang bankir.

Mahalnya 'Hiburan' Untuk Orang Korea Selatan Foto: (BBC)



Orang Korea yakin dengan meja kerja yang apik akan membuat mereka seperti di rumah. Faktanya orang-orang Korsel menghabiskan banyak waktu di kantor kecuali saat tidur.

Banyak orang Korsel yang menjadikan deskterior sebagai hiburan tersendiri. Tak hanya dinikmati, keindahan deskterior juga dibagikan ke medsos. Karenanya deskterior makin populer di kalangan milenial Korsel.

Kegiatan deskterior kemudian dianggap sebagai kemampuan khusus yang membanggakan. Banyak orang yang semakin kreatif dalam mendandani meja kerjanya. Mulai dari action figure sampai foto boyband kesukaan diletakkan sebagai penyemangat kerja.

Mahalnya 'Hiburan' Untuk Orang Korea Selatan Foto: (BBC)



Meningkatnya minat terhadap deskterior membuat pasar baru bagi perlengkapan kantor unik. ada kibor nirkabel, dudukan laptop, alas meja warna-warni, bantal duduk, lampu suasana hati, action figure, alas pergelangan tangan, pot tanaman mini, dan penyegar udara.

"Saya pikir deskterior adalah tentang menunjukkan siapa Anda di tempat kerja Anda sehari-hari. Saya pikir deskterior adalah tentang menunjukkan siapa Anda di tempat kerja Anda sehari-hari," kata Lee.

Lee Hyang-eun, profesor teknik desain di Sungshin Women's University di Seoul, mengatakan bahwa fenomena deskterior lebih dari sekadar cara untuk mengurangi stres dan membuat kantor lebih nyaman. Tren ini melambangkan perubahan dalam pendekatan terhadap pekerjaan, terutama bagi kaum muda.

"Menurut saya 'deskterior' berasal dari kecenderungan untuk mencari ruang pribadi yang santai di tengah rutinitas harian yang sibuk," ungkap Lee.

Di Korea Selatan sendiri, kerja keras memiliki arti suatu kebajikan. Menurut OECD, dalam setahun, orang Korsel menghabiskan waktu selama 2024 jam di kantor. Angka ini 278 jam lebih lama dibandingkan negara-negara lain.



Simak Video "Korsel Sediakan Rumah untuk Pasutri, Dongkrak Angka Pernikahan?"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA