Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Mar 2020 21:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mencari Cristiano Ronaldo di Kota Tua Turin

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Pemandangan Kota Turin di Italia
Pemandangan Kota Turin di Italia (dok Oppo)
Turin -

Kota Turin di Italia adalah rumah dari kesebelasan Juventus yang diperkuat Cristiano Ronaldo. Turin punya kota tua yang menawan untuk dijelajahi.

detikTravel menjelajah kota tua Turin pada Senin (24/2/2020) atas undangan Oppo Indonesia. Kota tua ini punya sejumlah alun-alun atau piazza yang terhubung dengan banyak deretan gedung tua dan lorong-lorong kota.

Saya memulai perjalanan dari Piazza Castello. Inilah alun-alun utama Kota Turin. Alun-alun ini dibatasi dengan beberapa gedung bersejarah yaitu museum seni Palazzo Madama, Istana Palazzo Reale di Torino dan museum senjata Armeria Reale.

Mencari Ronaldo di Kota Tua TurinPallazo Madama (Fitraya/detikcom)



Puas menikmati suasana, kami menuju ke Via Roma, jalan raya yang sudah ditutup menjadi kawasan pejalan kaki. Kanan dan kiri jalan adalah aneka butik branded dan ada sebuah bioskop legendaris bernama Cinema Lux.


Dari situ, traveler bisa menuju alun-alun kedua yaitu Piazza San Carlo. Alun-alun ini lebih kecil dari Piazza Castello, namun menurut pemandu ini adalah alun-alun spesial untuk para Juventini, penggemar klub Juventus.

Kalau Juventus habis menang, para penggemar mereka akan merayakannya di alun-alun Piazza San Carlo. Di sini juga ada cafe legendaris, namanya Caffe San Carlo.

Mencari Ronaldo di Kota Tua Turin Piazza Castello (Fitraya/detikcom)



Mau cari Cristiano Ronaldo di sini? Bisa kok. Tapi bukan orangnya sungguhan ya, melainkan baju jerseynya. Di kota tua Turin ada Juventus Store di Via Giuseppe Garibaldi, hanya satu blok ke arah barat dari Piazza Castello.

Kamu bisa beli oleh-oleh merchandise asli Juventus di sini. Dari jersey sampai pajangan rumah, harganya mulai dari 10 Euro sampai ratusan Euro atau jutaan rupiah.

Mencari Ronaldo di Kota Tua Turin Juventus Store (dok Oppo)



Kalau sudah sampai Turin, para Juventini memang wajib hukumnya mampir ke Allianz Stadium, kandang Juventus. Ada kunjungan stadion, toko merchandise selain juga bisa menonton pertandingan pada waktu yang sudah ditentukan.


Satu hal yang menjadi masalah sebelum liburan ke Turin adalah kasus virus Corona. Turin berada di Italia utara, bagian yang terkena wabah virus corona. Hal ini pun langsung berdampak pada pariwisata.

Mencari Ronaldo di Kota Tua TurinAllianz Stadium kandang Juventus (Fitraya/detikcom)



Pantauan detikcom, museum, bioskop dan sejumlah toko tutup untuk menghindari virus corona. Kota Turin pun jadi lebih sepi dari biasanya. Allianz Stadium, kandang Juventus, juga ditutup untuk kunjungan wisatawan.

"Mestinya kawasan kota tua Turin wisatawannya lebih ramai lagi. Sekarang agak sepi karena corona," kata Alicia, pemandu kami.

Tampaknya, kita semua mesti menunggu wabah virus Corona reda, sebelum merencanakan perjalanan ke Turin, Italia.



Simak Video "Ronaldo Kembali Berlatih Bareng Juventus"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA