Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Apr 2020 22:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Negara Tersehat di Dunia untuk Ditinggali Traveler

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi pria di Jepang.
Foto: Ilustrasi Jepang (Philip Fong/AFP)

2. Korea Selatan



Korea Selatan juga termasuk 10 Negara Tersehat di Dunia menurut Legatum Prosperity Index tahun 2019. Korea Selatan duduk di peringkat 4, berada di bawah Jepang (peringkat 2) dan Swiss (peringkat 3).

Korea Selatan sudah berpengalaman dalam menghadapi outbreak. Negara K-Pop ini sudah teruji dalam menghadapi serangan infeksi MERS pada 2015 silam. Provider kesehatan dan rumah sakit di Korea Selatan sudah dilatih untuk menghadapi krisis seperti ini.


Lebih dari 450 ribu orang sudah dites COVID-19 di Korea Selatan. Setiap warga negaranya sudah ditanggung oleh National Health Insurance Service (NHIS).

"Saat ada outbreak COVID-19, banyak orang yang didiagnosa sejak awal dan manajemen yang bagus dilakukan tepat waktu. Biaya medis yang rendah, semuanya berkat asuransi publik yang dipadukan dengan pengaturan harga oleh pemerintah, ditambah tes lab yang dilakukan secara luas oleh sistem kesehatan Korea Selatan," ungkap Dr Brandon Suh, yang berdomisili di Seoul.

Diagnostic kit atau alat tes virus Corona diproduksi secara massal di Chuncheon, Korea Selatan. Penasaran seperti apa proses pembuatannya?Diagnostic kit atau alat tes virus Corona diproduksi di Chuncheon, Korea Selatan. Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun


Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan, serta otoritas pemerintah lainnya, dinilai bekerja sangat bagus dalam menghadapi COVID-19. Mereka bekerja keras berada di garis depan untuk memastikan wabah ini cepat berlalu.

Kuncinya lagi, 77% penduduk Korea Selatan mempunyai asuransi kesehatan pribadi. Asuransi kesehatan ini akan mengcover biaya yang tidak dicover oleh pemerintah lewat National Health Insurance Service (NHIS).

"Secara objektif, outbreak di Korea Selatan sudah dalam trend penurunan. Orang-orang sudah mulai beraktivitas di luar ruangan, meski mereka harus selalu mengenakan masker," imbuh Dr Brandon.


"Kami sudah bisa keluar di lingkungan sekitar, tapi kami masih tidak boleh pergi ke tempat yang ramai. Saya percaya itu yang terbaik, untuk keamanan masyarakat dan diri sendiri," imbuh Won-Jeung Wang, penduduk kota Daegu yang terhantam Corona sangat parah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5
BERITA TERKAIT
BACA JUGA