Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Mei 2020 12:14 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kota di Lithuania Gratiskan Alun-alun Bagi Tongkrongan Kafe

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kafe di Kota Vilnius
Kafe di Kota Vilnius, Lithuania (Foto: CNN)
Vilnius -

Sebuah kota di Lithuania memiliki kafe yang amat besar. Luasan kafe itu diperbolehkan meluber hingga ke alun-alun kota. Diberitakan CNN, restoran, kafe, dan bar di Kota Tua Vilnius, Lithuania, dulunya memiliki satu hingga dua meja di trotoar. Pedestrian itu juga menjadi tempat operasi mereka.

Di masa pandemi Corona, dalam upaya terpadu untuk menjaga bisnis itu tetap bertahan, Walikota Vilnius Remigijus Šimašius bermurah hati dengan mengizinkan tempat makan di ruang terbuka kota.

Mereka diizinkan menggunakan alun-alun kota dan jalan-jalan. Kafe yang melakukan itu digratiskan izinnya pada musim ini. Tujuannya adalah pengunjung dapat menjaga jarak dari tiap mejanya.

Ruang publik terbuka yang digratiskan sewanya itu, termasuk Cathedral Square yang ikonik. Ada 18 kawasan seperti itu yang telah disodorkan pada saat ini, dan bisa bertambah.

Kafe di Kota VilniusKafe di Kota Vilnius (Foto: CNN)

Kafe dan restoran yang memilih untuk buka kembali hanya dapat melayani pengunjung di luar. Para tamu yang nongkrong harus menjaga aturan jarak sosial antar pelanggan, menurut Kementerian Kesehatan Lithuania.

Pengumuman wali kota ini diumumkan setelah kota itu lockdown selama berminggu-minggu. Hal itu disambut antusias oleh pemilik restoran dan penduduk.

"Tawaran Vilnius untuk membantu kafe dan restoran datang tepat waktu," kata Evada Šiškauskienė, kepala Asosiasi Hotel dan Restoran.

"Ruang tambahan ini akan membantu mereka menampung lebih banyak pengunjung dan menghidupkan kembali jalan-jalan kota tanpa melanggar persyaratan keamanan," imbuh dia.

Ini bukan pertama kalinya ibu kota Lithuania memiliki inisiatif yang berani. Tahun lalu, kota ini mengkampanyekan iklan khusus dewasa ber-tagline Vilnius: The G-Spot of Europe.

Jerman dan Inggris adalah pasar utama untuk kampanye kontroversial itu. Peningkatan jumlah kunjungan dari kedua negara yakni sebesar 37,8% dan 20,5%.



Simak Video "Liburan Akhir Tahun ke Vilnius, Asyik Juga!"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA