Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Jul 2020 17:09 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kapan Waktu Terbaik Melihat Midnight Sun?

Bonauli
detikTravel
Midnight Sun di Norwegia
Midnight Sun di Tromso (Foto Ruswandi Karlsen)
Jakarta -

Midnight Sun atau matahari tengah malam adalah fenomena di segelintir negara dekat kutub utara. Tak ayal fenomena ini diincar oleh banyak traveler dunia. Matahari seakan berhenti di ujung waktu ketika jam menunjukkan pukul 15.00 waktu Norwegia. Sang mentari menggantung dan bersinar cerah sampai 24 jam.

Waktu itu pukul 20.00 waktu Norwegia. Lewat sambungan Live Instagram detikcom bercengkerama dengan seorang pria Indonesia yang sudah tinggal di Tromso selama 8 tahun.

Ruswandi Karlsen, pria asal Makassar dan masih fasih berbahasa Indonesia. Pemandangan pertama yang dipamerkan adalah deck pelabuhan kecil Tromso yang dikelilingi oleh pegunungan.

Saya menganga karena terpesona, Andi (panggilan akrab) menyapa dan memperkenalkan kota kecil tempatnya mencari nafkah. Di sisi deck yacht tak bertuan parkir, sesekali tim SAR lewat memastikan keadaan pelabuhan. "Inilah Tromso, detikers," ujar Andi ramah.

Midnight Sun di NorwegiaMidnight Sun di Norwegia Foto: (Ruswandi/Istimewa)

Saat itu sudah pukul 01.00 WIB, Indonesia 5 jam lebih awal dari Norwegia. Mata yang mengantuk seketika segar melihat fenomena Midnight Sun.

"Lihat nih, mataharinya persis di belakang pelabuhan. Sampai besok pagi mataharinya akan tetap seperti ini," celotehnya.

Sambil menjelaskan soal Tromso, Andi membawa saya melihat kegiatan di tengah kota. Masyarakat Kota Tromso lalu lalang, menyambut malam minggu banyak pasangan keluar rumah untuk menikmati Midnight Sun.

Tromos begitu bersih. Bias-bias matahari terlihat di jalan-jalan setapaknya yang tanpa sampah. Bunga-bunga bermekaran berusaha memamerkan keindahannya pada pejalan kaki.

"Kalau Midnight Sun bunga-bunga jadi cepat mekar karena 24 jam dapat sinar matahari," lanjutnya.

Midnight Sun di NorwegiaMidnight Sun di Norwegia Foto: (Ruswandi/Istimewa)

Tak seperti orang Indonesia, warga Eropa begitu mencintai matahari. Saat Midnight Sun warga Norwegia akan menjadwal banyak kegiatan di luar rumah supaya bisa terus-terusan ketemu matahari. "Yang paling dicari itu matahari, jadi mereka suka berjemur sampai hiking ke gunung saat Midnight Sun," tambahnya.

Dalam setahun Norwegia akan kebagian Midnight Sun selama 2 bulan. Waktunya tepat di musim panas, yaitu pertengahan Mei hingga pertengahan Juli.

"Selama 2 bulan itu matahari tidak akan terbenam. Tapi ada kalanya juga hujan atau mendung," akunya.

Untuk yang sudah punya rencana untuk melihat fenomena ini Andi menganjurkan agar traveler memantau ramalan cuaca selama seminggu. "Di sini ramalan cuacanya akurat, jadi harus terus dipantau. Kalau sudah yakin cerah barulah jalan-jalan atau kemping untuk menikmati Midnight Sun di Norwegia.

[Gambas:Video 20detik]



(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA