Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Agu 2020 05:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Taman Budapest Ini Simpan Patung Tokoh Komunis, dari Lenin Hingga Stalin

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Taman Komunis di Budapest
Foto: Memento Park di Hungaria (mementopark.hu)
Budapest -

Ada sebuah taman di kota Budapest yang unik. Taman ini dihiasi puluhan patung tokoh berideologi komunis. Dari Lenin, Stalin hingga Che Guevara.

Kota Budapest menyimpan sisa-sisa kejayaan ideologi komunis di Eropa. Bentuknya bukan dalam sebuah museum, melainkan sebuah taman. Memento Park, begitulah nama taman tersebut.


Dikumpulkan detikcom dari beragam sumber, Minggu (16/8/2020), taman ini berisi puluhan patung tokoh-tokoh berideologi komunis yang pernah jaya di masanya. Sebut saja nama tersohor yang beraliran kiri, pasti patungnya ada di taman ini.

Mulai dari Lenin, Joseph Stalin, Karl Marx, hingga Che Guevara pun ada di taman ini. Tak terkecuali patung-patung pejuang dan tokoh lokal Hungaria yang sama-sama beraliran kiri, meski mereka tidak setenar Karl Marx, dkk.

Taman Komunis di BudapestTaman Komunis di Budapest Foto: (Universal Images Group via Getty)


Dari sekian banyak patung tokoh beraliran kiri di Memento Park, yang paling menarik perhatian adalah patung Joseph Stalin setinggi 8 meter yang tampak begitu menonjol dibandingkan dengan patung yang lain.

Patung yang didirikan Desember 1951 ini merupakan 'hadiah' yang diberikan oleh orang-orang Hungaria. Dalam plakat besi yang menempel di patung tersebut, dituliskan bahwa Diktator Uni Soviet itu sebagai pemimpin, guru dan sahabat bagi penduduk Hungaria.

Taman Komunis di BudapestPengunjung Taman Komunis di Budapest Foto: (mementopark.hu)


Memento Park di Hungaria ini didesain oleh seorang arsitek bernama Akos Eleod. Akon menyebut taman ini bukanlah untuk mengagung-agungkan komunisme, di sisi lain taman ini juga berbicara tentang demokrasi.

"Taman ini tentang kediktatoran, dan di saat yang bersamaan karena ada banyak yang membicarakan, taman ini juga tentang demokrasi. Hanya demokrasi yang menyediakan ruang untuk berpikir bebas tentang kediktatoran," jelas Akos.


"Patung-patung ini adalah bagian dari sejarah Hungaria. Demokrasi adalah satu-satunya rezim yang siap untuk menerima masa lalu kita, dengan segala kekurangannya, itu masih milik kita," imbuh Akos.

Memento Park di Budapest, Hungaria dibuka setiap hari untuk wisatawan. Taman ini buka dari pukul 10.00 hingga senja tiba. Traveler boleh berfoto dan bikin video dengan bebas di taman ini tanpa dipungut biaya.

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA