Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Agu 2020 08:46 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Negara yang Kembali Membuka Taman Hiburan

Putu Intan
detikTravel
Singapore - May 2, 2018: Universal Studios world globe in green light, with tourists visiting this Hollywood movie theme park in Sentosa island.
Universal Studio Singapore. Foto: (iStock)

FOKUS BERITA

New Normal Pariwisata
Jakarta -

Sejumlah negara telah membuka kembali sektor pariwisata mereka, termasuk destinasi taman hiburan yang digandrungi wisatawan. Pembukaan ini tentunya berbeda dengan kondisi normal, dimana di kala pandemi Corona ini telah dilengkapi protokol kesehatan.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, inilah daftar 5 negara yang sudah kembali membuka taman hiburan.

1. Singapura

Taman rekreasi di SingapuraUniversal Studio Singapura. Foto: Afif Farhan

Singapura telah membuka tiga belas taman hiburannya termasuk Universal Studio Singapore dan Kebun Binatang Singapura pada awal Juli 2020. Pembukaan ini disertai dengan protokol kesehatan termasuk kewajiban mengenakan masker dan menjaga jarak.

2. Jepang

Disneyland Tokyo kembali dibuka untuk umum hari ini, Rabu (1/7). Taman hiburan itu sebelumnya ditutup guna cegah penyebaran COVID-19.Disneyland Tokyo. Foto: AP Photo

Taman hiburan di Jepang yakni Universal Studio Jepang telah dibuka sejak 8 Juni 2020. Pembukaan itu dilakukan secara bertahap dimana pada tahap awal yang diizinkan masuk hanyalah warga Osaka.

Di sisi lain Disneyland Tokyo dan Disneysea Tokyo baru mulai dibuka pada 1 Juli 2020. Pembukaan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, yaitu pengecekan suhu tubuh untuk pegawai dan pengunjung, menjaga jarak, dan wajib memakai masker.

Selain itu kapasitas taman hiburan juga dikurangi menjadi 50 persen dari total daya tampungnya. Setiap pengunjung juga diwajibkan memesan tiket secara online dengan maksimal 5 tiket dalam sekali pesan.

3. Prancis

Disneyland ParisDisneyland Paris. Foto: (Chesnot/Getty Images)

Prancis juga sudah mengizinkan Disneyland Paris untuk buka mulai 15 Juli 2020. Guna mencegah penyebaran Corona, mereka menyediakan 2.000 titik hand sanitizer, rambu-rambu untuk jaga jarak, dan plexiglass (kaca akrilik) yang bila dijajarkan panjangnya mencapai 3,2 kilometer.

4. Amerika Serikat

taman rekreasiWalt Disney World Florida, AS. Foto: (Reuters)

Taman hiburan Walt Disney World di Florida, Amerika Serikat telah dibuka. Namun ada perubahan jam operasional yang akan diberlakukan mulai 8 September sampai Oktober 2020.

Perubahan itu terjadi di Magic Kingdom dan Disney's Hollywood Studios yang akan tutup satu jam lebih awal dari biasanya. Kemudian untuk Epcot di Walt Disney World Resort dan Disney's Animal Kingdom jam operasionalnya akan dikurangi 2 jam setiap hari.

Selain itu pengunjung Disney World juga wajib mengenakan masker. Mereka juga tidak diperbolehkan melepas masker lalu makan dan minum sambil berjalan-jalan.

5. Indonesia

Banyak warga Jakarta menikmati liburan Idul Adha di kawasan rekreasi wisata salah satunya adalah Dufan Ancol.Dufan. Foto: Pradita Utama

Sejumlah taman hiburan di Indonesia juga sudah dibuka kembali dengan protokol kesehatan. Beberapa di antaranya adalah Dufan di Jakarta dan Jatim Park 2 di Batu.

Taman hiburan tersebut mewajibkan setiap pengunjung untuk melakukan pembelian tiket secara online. Dufan juga memberlakukan aturan dimana pengunjung yang boleh masuk adalah pemegang KTP DKI Jakarta. Sementara itu di Jatim Park 2, pengunjung wajib mengisi form kunjungan untuk mengetahui riwayat perjalanan sebelumnya.

(pin/ddn)

FOKUS BERITA

New Normal Pariwisata
BERITA TERKAIT
BACA JUGA