Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Agu 2020 17:51 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Begini Hiruk Pikuk Kawasan Hongdae Seoul, Apa Istimewanya?

Lena Ellitan
detikTravel
Hongdae Seoul
Hongdae Seoul (Foto: Lena Ellitan/d'Traveler)
Jakarta -

Mengunjungi dan menikmati kawasan Hongdae bukan menjadi tujuan utama saya. Namun demikian karena saya menginap di sekitar Hongik Station maka saya mendapatkan bonus untuk menikmati suasana Hongdae selama lima malam berturut-turut.

Konon mengunjungi Seoul tidaklah lengkap tanpa mengunjungi kawasan Hongdae. Inilah pusat budaya seni kaum urban.

Hongdae merupakan tempat gaul para remaja di Seoul karena kawasan ini ramai dikunjungi mahasiswa Hongik University. Mereka memang terkenal memiliki kemampuan dalam bidang seni dan rupa.

Ternyata Hongdae adalah singkatan dari Hongik Daehakgyo atau Hongik University. Hongdae juga diakui sebagai pusat budaya pop di Seoul, Korea.

Lalu apa aktivitas saya selama tinggal tidak jauh dari kawasan Hongdae. Selama tinggal di dekat Hongdae hampir setiap malam saya berwisata kuliner, dari mulai menikmati aneka street food sampai menjajal restoran di sekitaran kawasan Hongdae.

Karena saya tidak ingin menghabiskan banyak uang, maka maka saya lebih sering menikmati aneka street food di sudut-sudut area Hongdae. Makanan kaki lima seperti tteokpokki, sundae, dan fish cake bisa kita peroleh dengan merogoh kocek 2,000 won atau sebesar Rp 27.000.

Bagi pejalan yang ingin menikmati suasana yang berbeda dengan mudah kita dapat menemukan berbagai kafe lucu dan unik tersebar di area ini. Aneka konsep dan tema unik membuat banyak kafe yang ada di kawasan ini jangan sampai dilewatkan. Kadang-kadang saya hanya mampir untuk berfoto dengan latar desain cafe yang unik.

Berbelanja juga merupakan aktivitas yang tidak bisa kita lewatkan saat berada di Hongdae. Deretan pertokoan yang menjual baju, kosmetik, aksesoris hingga barang-barang unik nan menggemaskan akan memanjakan mata pengunjung.

Menariknya, Hongdae disebut sebagai salah satu pusat perbelanjaan yang menjual aneka barang dengan harga yang terjangkau, bila dibandingkan dengan distrik lainnya yang ada di Seoul.

Saya sendiri mampir di sebuah toko yang menjual aneka t-shirt unik, kaos kaki yang lucu-lucu dengan harga yang sangat murah bahkan dibandingkan dengan harga di Indonesia. Hampir semua toko memberikan harga promo pada beberapa barang tertentu.

Bagi pejalan yang belum menjadwalkan Hongdae sebagai kawasan yang dikunjungi di Seoul, sebaiknya memasukkan Hongdae dalam daftar tempat yang harus dikunjungi.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Lena Ellitan, dan sudah tayang di d'Travelers Stories.

[Gambas:Video 20detik]

(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA