Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Sep 2020 20:13 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Menara Eiffel sampai Taj Mahal, Ini Tempat yang Larang Turis Berfoto

Putu Intan
detikTravel
Antient abandoned city of Fatehpur Sikri n the Agra District of Uttar Pradesh, India.
Taj Mahal. (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat ini berwisata memang tak lengkap bila tak berfoto. Tapi traveler harus hati-hati sebab tak seluruh objek wisata dapat diambil fotonya. Jika melanggar, traveler dapat terjerat hukum.

Dilansir dari Fox News, Kamis (3/9/2020) inilah 5 tempat di dunia yang melarang turis memotret.

1. Sistine Chapel

Vatican City, Vatican City State - October 11, 2007: External view of the Sistine Chapel at the Vatican City, seen at the centre of the photo. It is towards this roof that the faithful gathered in Saint Peter's Square look to, for the first signs of a newly elected pope by the Conclave of the College of Cardinals: black smoke denotes that the ballot was inconclusive, white smoke indicates they have a new Pope. The Sistine Chapel is the Pope's private chapel. To the left is a section of St. Peter's Basilica. To the right is a section of the Vatican Museum and Palace. Photo shot in the afternoon sunlight from St. Peter's Square; horizontal format.Kapel Sistine. Foto: Getty Images/ChandraDhas

Destinasi pertama yang melarang wisatawan untuk mengambil foto dan video adalah Sistine Chapel di Kota Vatikan. Awal mula aturan itu muncul ketika kapel ini direstorasi dengan dana USD 4,2 juta dari Nippon Television Network Corporation of Japan pada tahun 1980-1994.

Karena telah mensponsori restorasi tersebut, sebagai gantinya pihak Nippon memiliki hak eksklusif untuk memotret dan memfilmkan karya seni yang berada di dalam bangunan. Hak tersebut berlaku selama 3 tahun dan seharusnya setelah itu, bagian dalam kapel dapat diakses secara bebas.

Namun ternyata Sistine Chapel tetap mempertahankan larangan itu sampai saat ini. Sebab mereka ingin melindungi karya seni berharga di sana dari flash kamera yang merusak.

2. Westminster Abbey

Wide angle view of Westminster Abbey at sunsetWestminster Abbey. Foto: iStock

Westminster Abbey merupakan gereja bersejarah di Inggris. Gereja Gothic ini sudah didirikan sejak 1066.

Wisatawan juga tidak diizinkan berfoto di dalam gereja agar wisatawan lebih fokus menikmati keindahan gereja tersebut. "Kami menginginkan Anda untuk menikmati keindahan yang unik dan sejarah tanpa terganggu dengan fotografi. Kami ingin mempertahankan atmosfer suci dan intim dari bangunan gereja," tulis otoritas gereja melalui situs resminya.

3. Menara Eiffel

Menara Eiffel hari ini, Kamis (25/6/2020) sudah kembali dibuka setelah mewabahnya virus Corona. Berikut foto-foto terkininya.Menara Eiffel. Foto: Getty Images

Tahukah traveler, ternyata berfoto di depan Menara Eiffel saat malam hari adalah tindakan ilegal. Sebenarnya, larangan ini tidak berkaitan langsung dengan bangunan menara tetapi pertunjukan cahaya di Menara Eiffel yang dipasang Pierre Bideau.

Pertunjukan cahaya ini dibuat sejak 1985 dengan tampilan artistik yang dilindungi hak cipta. Lampu akan menyala setiap lima menit sampai pukul 1 pagi.

Apabila tak ada lampu, Menara Eiffel di malam hari akan terlihat gelap dan pastinya tidak fotogenik. Maka dari itu, mengambil foto Menara Eiffel di malam hari yang tidak melanggar hak cipta juga tidak mungkin untuk dilakukan.

4. Taj Mahal

Antient abandoned city of Fatehpur Sikri n the Agra District of Uttar Pradesh, India.Taj Mahal. Foto: iStock

Banyak orang yang salah menganggap Taj Mahal sebagai istana atau masjid. Taj Mahal merupakang bangunan mausoleum yang didirikan untuk mengenang istri Shah Jahan yang telah meninggal.

Karena kesakralan bangunan itu, wisatawan dilarang mengambil foto bagian dalam mausoleum. Selain itu wisatawan juga harus tetap diam di dalamnya.

5. Supreme Court Washington D.C

The United States Supreme Court Building at sunset in Washington DC, USA.Supreme Court. Foto: Getty Images/iStockphoto/lucky-photographer

Supreme Court atau Pengadilan Tinggi di Washington D.C merupakan salah satu bangunan paling bersejarah di Amerika Serikat. Tempat kerap didatangi wisatawan untuk sekadar berfoto di depan bangunan atau ruang publik lainnya.

Namun ternyata wisatawan dilarang berfoto di bagian dalam pengadilan terutama selama sidang dilakukan. Hal tersebut diatur dengan jelas dalam Federal Rule 53. "Kecuali ditentukan lain oleh undang-undang atau aturan ini, pengadilan tidak boleh mengizinkan pengambilan foto di ruang sidang selama proses peradilan atau penyiaran proses peradilan dari ruang sidang.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA