Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Okt 2020 20:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengenal Kepulauan Solomon yang Baru Kena Kasus COVID-19

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Kepulauan di Samudera Pasifik.
Kepulauan Solomon di Oseania (Chris McLennan/Visit Solomon)
Honiara -

Sempat aman dari kasus COVID-19, Kepulauan Solomon baru saja menemukan kasus pertamanya. Mari kita kenal negara indah dari Oseania ini.

Sempat beruntung menjadi salah satu negara yang bebas dari Corona sejak wabah merebak, kini Kepulauan Solomon laporkan kasus Corona pertama. Hal ini diumumkan Perdana Menteri Manasseh Sogavare Sabtu kemarin.

"Pasien adalah seorang pelajar pria yang kembali dari Filipina awal pekan ini," demikian lapor kantor berita Xinhua.

Dikutip detikTravel dari Straits Times, Minggu (4/10/2020) pasien Corona pertama yang dilaporkan disebut berasal dari Filipina. Sebelum keberangkatan ke Kepulauan Solomon, ia diketahui telah menjalani tiga kali tes atau pemeriksaan dan dinyatakan aman.

Terlepas dari kasus pertama COVID-19 di Kepulauan Solomon, negara di Oseania ini memiliki alam serta pantai dan pulau yang indah. Negara kepulauan menjadi identitasnya, seperti Indonesia.

Dua Ahli Penjinak Bom Tewas di Kepulauan SolomonAlam bahari indah di Kepulauan Solomon Foto: DW (News)

Dilihat dari situs pariwisatanya, Kepulauan Solomon memiliki sekitar 992 pulau tropis dan atol yang mengitari dua pulau utama di negara tersebut. memanjang hingga 1800 Km dari Pulau Shortland di Barat menuju Tikopia dan Anuta di sisi Timur.

Layaknya negara kepulauan, terdapat banyak pantai indah yang masih perawan di sini. Di mana menjadi rumah bagi ribuan spesies laut, termasuk yang merupakan endemik di Kepulauan Solomon.

Kepulauan SolomonMasyarakat Kepulauan Solomon dari ras Melanesia (Chris McLennan/Visit Solomon)

Sedangkan dari budayanya, mayoritas warga Kepulauan Solomon merupakan ras Melanesia yang mirip dengan masyarakat di Papua dan Papua Nugini yang identik dengan kulit hitam dan rambut keriting. Populasi keseluruhan warganya mencapai 550 ribu.

Dari sejarah, Kepulauan Solomon juga menjadi saksi bisu dari peperangan dahsyat Perang Dunia II. Terdapat juga sejumlah museum yang menyimpan peninggalan dari salah satu momen paling bersejarah dunia itu, termasuk peradaban dari puluhan ribu tahun masyarakat Kepulauan Solomon.

Terlepas dari keindahan alam dan budayanya yak eksotis, Kepulauan Solomon juga menjadi destinasi romantis bagi para pasangan untuk bulan madu. Di tahun 2012, pasangan Kerajaan Inggris Pangeran William dan Kate Middleton juga sempat menghabiskan momen bulan madu keduanya di Kepulauan Solomon.

Itulah sedikit profil tentang Kepulauan Solomon di Oseania. Semoga negara ini dapat menahan laju COVID-19 dan kembali menjadi destinasi favorit para pasangan bulan madu dan pecinta diving dunia.



Simak Video "Menikmati Keindahan Pantai Iboih di Pulau Weh"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA