Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Nov 2020 07:43 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Taman Rekreasi Anti-Mainstream di Jerman, dari Bekas Reaktor Nuklir

amusement park Kernwasser Wunderland, Kalkar, Germany, view from the right side
Foto: Wunderland Kalkar (Getty Images/iStockphoto/andreasw1966)
Kalkar -

Taman rekreasi di Jerman ini sungguh anti-mainstream. Lokasinya berada di bekas reaktor nuklir. Tapi jangan takut, aman dari radiasi kok.

Taman rekreasi Wunderland Kalkar, itulah destinasi yang dimaksud. Taman rekreasi ini berada di Kalkar, sebelah utara Dusseldorf, dekat perbatasan antara Jerman dengan negara Belanda.

Wunderland Kalkar sungguh anti mainstream. Bangunannya menggunakan bekas reaktor nuklir yang tidak pernah difungsikan dan ditinggalkan begitu saja. Daripada mangkrak, lebih baik dijadikan sesuatu yang bermanfaat.

Saat itu, tepatnya di tahun 1971, pemerintah Belgia, Jerman dan Belanda memang sepakat untuk bekerja sama membangun sebuah reaktor nuklir. Pembangunan reaktor nuklir itu pun berjalan nyaris tanpa hambatan.

Namun pada tahun 1991, mereka memutuskan untuk tidak mengoperasikan reaktor nuklir yang sudah jadi tersebut. Keputusan itu diambil karena adanya kecelakaan reaktor nuklir Chernobyl dan alasan politik tertentu.

Traveler yang datang liburan ke sini jangan takut terkena radiasi ya. Itu karena sejak sebelum disulap menjadi taman rekreasi, reaktor nuklir ini memang belum pernah difungsikan sama sekali.

Taman rekreasi di bekas rekator nuklirTaman rekreasi di bekas reaktor nuklir Foto: dok. Instagram

Seorang pebisnis asal Belanda bernama Hennie van der Most akhirnya membeli semua bekas reaktor nuklir itu dan mulai membangun hotel serta komplek wisata di sana. Jadilah Wunderland Kalkar seperti yang kita kenal sekarang.

Wunderland Kalkar mulai dibuka untuk umum pada tahun 2001. Sejak awal dibuka hingga sekarang, taman rekreasi ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jerman.

Selanjutnya>>>>Jumlah Wahana

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA