Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Nov 2020 11:49 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Unik! Desa Italia Ini Juga Ikut Ramaikan Pilpres AS 2020

Desa di Italia.
Desa La California di Italia (AFP)
Cecina -

Sejatinya, pemilu di Amerika hanya dilangsungkan di Negara Paman Sam. Namun, desa di Italia ini juga ikut meramaikan Pilpres AS 2020. Penasaran?

Adalah Desa La California di Cecina yang terletak di KM 273, yang ikut meramaikan pemilu bersejarah antara petahana Donald Trump melawan Joe Biden.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (5/11/2020), tapi pemilu ala La California dilangsungkan dengan sedikit berbeda seperti dilansir dari Atlas Obscura.

Didasarkan atas kesamaan nama antara Desa La California dan negara bagian AS tersebut, semenjak tahun 20014 silam desa itu menyelenggarakan poling untuk Pilpres AS 2020 di luar AS. Hanya saja tidak resmi seperti di negara aslinya.

Diketahui, ide itu pertama kali berasal dari penulis Michele Cogo dan Francesco Merini. Ide dasarnya pun begitu sederhana.

"AS merupakan negara terkuat dunia yang mempengaruhi dan menentukan nasib planet ini. Kenapa kami tidak boleh mendapat kesempatan untuk memilih Presiden mereka?" pungkas mereka.

Desa di Italia.Acara pemilihan Presiden Amerika di La California (AFP)

Tiap warga di desa itu diperbolehkan untuk memilih jagoan mereka, termasuk kandidat lokal untuk posisi Wakil Presiden. Terakhir, pemilihan lokal ala desa itu dilangsungkan di tahun 2008 saat masa Barack Obama.

Walau sepertinya pemilu Amerika tahun ini tidak dilangsungkan di Desa La California akibat pandemi, tapi desa itu tetap memiliki kedekatan nama dengan California di AS.

"Kandidat terbaik untuk pemilihan Presiden Amerika saat ini adalah Bernie Sanders, sayang dia tidak lanjut ke tahap final. Jadi saya akan memilih Joe Biden. Pemilihan kembali Trump akan jadi masalah," ujar Stefano Marmugi, penasihat budaya setempat.

Kembali ke soal nama desa La California. Menurut pakar sejarah setempat Marco Andrenacci, penamaan desa itu masih jadi misteri. Adapun papan nama desanya kerap dicuri karena keunikannya.

Memiliki sekitar 1.000 warga, nama La California disebut baru muncul setelah Tuscany bergabung dengan Italia di tahun 1860 silam. Persis satu dekade setelah California masuk negara bagian ke-31 di AS. Mungkin karena itu dinamakan demikian.

Terlepas dari kebenarannya, tapi Desa La California tetap memiliki keunikan dan andilnya dalam Pilpres AS 2020. Walau dengan cara mereka sendiri.



Simak Video "Italia Lanjut Pakai Vaksin Covid-19 AstraZeneca"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA