Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Nov 2020 08:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kota Ajaib di Meksiko yang Kembali Ajaib

Kota ajaib alias Pueblo Magico di Meksiko
Foto: Mexcaltitan, kota ajaib di Meksiko (CNN)
Mexcaltitán -

Mexcaltitan, sebuah kota di Meksiko pernah dinobatkan sebagai Pueblo Magico atau Kota Ajaib. Sempat kehilangan statusnya, kota ini akhirnya kembali ajaib.

Bisakah sebuah kota kehilangan predikatnya namun kembali lagi mendapatkan predikatnya itu? Jawabannya, tentu saja bisa. Buktinya bisa traveler lihat di kota Mexcaltitan, Meksiko.

Mungkin traveler masih asing dengan nama kota Mexcaltitan. Wajar, karena kota ini cuma kota kecil yang berdiri di atas pulau laguna hasil pendangkalan sungai Riviera Nayarit di Meksiko.

Meski kecil, Mexcaltitan pernah dinobatkan sebagai Pueblo Magico atau Kota Ajaib oleh otoritas pariwisata setempat di tahun 2001. Mexcaltitan mendapatkan predikat kota ajaib karena struktur kotanya yang unik.

Kota ajaib alias Pueblo Magico di MeksikoJIka musim hujan, jalanan kota ini berubah jadi kanal Foto: CNN

Jika musim hujan tiba, kota ini tiba-tiba akan dibanjiri air karena debit sungai yang naik. Tapi kota ini sudah menciptakan sistem dimana jalanan yang biasa dipakai berjalan kaki, bisa berubah menjadi kanal-kanal yang bisa dilalui kapal. Jadilah Mexcaltitan mendapat julukan pula sebagai Venesia-nya Meksiko.

"Pulai kecil ini bisa dijelajahi dengan berjalan kaki dalam sehari. Yang istimewa, saat musim hujan jalanan di sini dibanjiri air, memungkinkan kita untuk menjelajahinya menggunakan kapal. Itulah mengapa kota ini dijuluki 'Venesia' dari Meksiko," ungkap Richard Zarkin, Manajer PR Riviera Nayarit Visitors Bureau, dikutip dari CNN, Rabu (4/11/2020).

Namun di tahun 2009, Mexcaltitan sempat kehilangan statusnya sebagai Pueblo Magico. Status itu dicabut karena infrastuktur di kota ini tidak dirawat dan minim investasi dari pemerintah setempat.

Sekarang, berkat investasi senilai 35 juta peso oleh otoritas setempat, Mexcaltitan kembali memperoleh statusnya sebagai Pueblo Magico. Dengan predikat ini, diharapkan sektor pariwisata Mexcaltitan akan kembali bangkit dan menarik turis datang ke sana.

Kota ajaib alias Pueblo Magico di MeksikoKebudayaan Meksiko masih dijaga di sini Foto: CNN

Sampai saat ini ada sekitar 122 Pueblo Magico yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata Meksiko. Mexcaltitan pun jadi salah satunya. Selain keunikannya, rupanya tradisi dan budaya Meksiko masih dijaga baik di kota yang sama sekali tidak ada mobil ini.

"Pulau ini terkenal akan suasana tenangnya yang mempesona. Arsitekturnya juga masih terjaga dengan baik, kebudayaannya etnisnya, makanannya, semuanya adalah representasi kekayaan budaya kawasan Riviera Nayarit," kata Zarkin.

Status Mexcaltitan sebagai kota ajaib alias Pueblo Magico akan diformalkan lewat sebuah acara festival yang akan digelar pada 26-29 November mendatang. Festival Pueblo Magico ini diharapkan bisa mengangkat kembali seni tradisional dan budaya lokal Meksiko untuk dilihat dunia.



Simak Video "Kasus Kematian Akibat Corona di Meksiko Tembus 100.000"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA