Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Nov 2020 10:03 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Pantai Paling Sering Digoyang Gempa di Eropa

Kawasan wisata di Spanyol.
Foto: Ilustrasi Costa Blanca (Youtube)
Torravieja -

Tak cuma Jepang saja yang sering digoyang gempa, di Eropa pun ada kawasan pantai yang sering dilanda gempa. Dalam 2 hari, bisa ada 5 kali gempa di sini.

Costa Blanca, adalah kawasan pantai yang dimaksud. Letaknya di negara Spanyol. Kawasan ini memang dikenal dengan wisata pantai dan baharinya. Bentuknya seperti tanjung yang menjorok ke lautan.

Namun di balik keindahan laut dan pantainya, rupanya Costa Blanca cukup sering digoyang gempa. Kawasan ini pun mendapat julukan sebagai 'Earthquake Hotspot of Europe' alias hotspotnya gempa di benua Eropa.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (12/11/2020) terakhir kali kawasan Costa Blanca digoyang gempa adalah pada pekan lalu dengan skala magnitude tertingginya mencapai 3,6 skala Richter.

Pada Senin (2/11) pekan lalu, gempa pertama dilaporkan dengan kekuatan cuma 1 skala richter. Selanjutnya di hari Selasa (3/11), gempa susulan terjadi di kota Torravieja dengan besaran 2,6 dan 2,4 skala richter.

Tak cuma itu, gempa berikutnya dengan kekuatan terbesar 3,6 skala richter mengguncang kota Alcoi yang masih berada di satu kawasan yang sama, Costa Blanca. Selanjutnya, guncangan gempa sampai juga di Benidorm, namun guncangannya tergolong minor.

Beruntung tidak dilaporkan adanya korban jiwa akibat serentetan gempa yang terjadi hanya dalam tempo 2 hari tersebut. Kerusakan berat pada bangunan juga nyaris tidak ada selama gempa itu terjadi.

Kini, Costa Blanca masih sepi dari turis. Larangan berpergian akibat virus Corona membuat hotel-hotel di kawasan ini kehilangan tamu dan lebih memilih untuk tutup sampai keadaan kembali membaik.



Simak Video "Pantai Spanyol Mulai Terbuka untuk Turis Mancanegara"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA