Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Nov 2020 07:41 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ubur-ubur Telur Ceplok Unik Banget!

Bonauli
detikTravel
ubur-ubur telur ceplok
Ubur-ubur telur ceplok (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Laut menyimpan jutaan hal yang menarik dan mengejutkan. Ada ubur-ubur telur ceplok yang mirip banget telur mata sapi.

Fried egg yolk jellyfish, begitulah nama ubur-ubur satu ini. Nama tersebut diberikan karena bentuk ubur-ubur ini memang mirip telur ceplok alias mata sapi.

Ubur-ubur telur ceplok sendiri terbagi menjadi dua jenis, ada Phacellophora camtschatica yang hidup di samudera dunia dan Cotylorhiza tuberculata yang habitatnya hanya ada di Laut Mediterania.

Nah, khusus spesies Cotylorhiza tuberculata bisa tumbuh hingga diameter 35-50 cm. Kubah halus di tengah badannya agak tinggi, bagian ini seperti kuning telur.

Peneliti sudah menemukan ubur-ubur ini pada tahun 1778.

Tentakel ubur-ubur telur ceplok memiliki sengat seperti yang lainnya. Kendati sengatnya relatif tidak berbahaya, tapi bukan berarti boleh dipegang-pegang, ya.

Boleh dibilang ubur-ubur ini cenderung 'ramah' terhadap makhluk lain.

ubur-ubur telur ceplokubur-ubur telur ceplok Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Buktinya, ubur-buru telur ceplok seringkali jadi tempat bersembunyi juvenil makarel yang terbawa arus planktonik. Ubur-ubur telur ceplok akan mengempit mereka di bawah tentakel sampai arus berlalu.

Makanan dari ubur-ubur ini adalah zooplankton. Mereka bereproduksi secara aseksual. Artinya ubur-ubur telur ceplok mengeluarkan larva dan membuat koloni polip. Dari polip tersebut keluarlah bayi ubur-ubur.

ubur-ubur telur ceplokubur-ubur telur ceplok Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Ubur-ubur ini tidak masuk dalam hewan langka, karena populasinya cukup banyak ditemukan di lautan. Mereka biasanya muncul dalam partai besar di bulan September.

Musuh terbesar ubur-ubur telur ceplok adalah penyu Carreta carreta yang hampir punah. Kalau liburan ke Yunani jangan lupa untuk menjumpainya.

(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA