Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Nov 2020 08:42 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Everest Baru, Ini Gunung Tertinggi di Dunia yang Belum Pernah Didaki

Gunung Muchu Chhish dan Pegunungan Karakoram
Gunung Muchu Chhish di ujung Pegunungan Karakoram (Foto: CNN)
Jakarta -

Gunung ini jadi salah satu yang tertinggi di dunia. Namun, gunung ini belum pernah didaki, Muchu Chhish namanya.

Merujuk CNN, Muchu Chhish menjadi 'Gunung Everest' terbaru dan mungkin belum pernah Anda dengar. Ini bukan gunung tertinggi di dunia, juga bukan yang paling sulit untuk didaki.

Kenapa Gunung Muchu Chhish begitu istimewa? Lokasi gunung ini ada di jajaran terpencil Pegunungan Karakoram, Pakistan utara dengan tinggi 7.453 MDPL.

Gunung Muchu Chhish dekat dengan gunung grade A yang lebih besar, lebih buruk, lebih terkenal, setinggi lebih dari 8.000 meter seperti K2, Broad Peak dan Gasherbrum I & II.

Di antara semua gunung yang tak terhitung banyaknya itu, hanya Gunung Muchu Chhish yang belum melihat kaki manusia, bendera, atau ada di YouTube dengan gambaran sesak pendaki.

Menurut catatan sejarah, Gunung Everest berhasil didaki pertama kali pada tahun 1953. Puncak tertinggi kedua di dunia, K2, diperiksa setahun kemudian pada tahun 1954.

Nomor ketiga, Kanchenjunga, diskalakan pada tahun 1955. Selanjutnya, Mt. Lhotse, puncak tertinggi keempat di dunia, dilampaui pada tahun 1956. Dan seterusnya.

Sekarang giliran Gunung Muchu Chhish. Sekira nomor ke-61, peringkat ketinggian gunung mulai kabur di sekitar titik ini.

Gunung Muchu Chhish dan Pegunungan KarakoramGunung Muchu Chhish dan Pegunungan Karakoram (Foto: CNN)

Tetapi ambisi alami manusia untuk mencapai pendakian besar pertama berikutnya tetap jelas ada dan menarik seperti sebelumnya.

Gunung tertinggi di dunia yang belum pernah didaki

Gunung Muchu Chhish menjulang tinggi di atas salah satu gletser non-kutub terbesar di dunia. Ekspedisi di sini selalu gagal mencapai puncak selama beberapa dekade terakhir.

Puncak yang belum pernah dikunjungi ini dikenal sebagai Batura V. Gunung Muchu Chhish hanhya memiliki tanda bintang ganda sebagai gunung tertinggi yang tidak pernah didaki.

Mengapa dua tanda bintang dalam kasus ini?

* Puncak Asia lainnya, Gangkhar Puensum setinggi 7.570 meter, tetap menjadi gunung tanpa pendakian tertinggi yang sebenarnya ada di Bumi saat ini. Tapi lokasinya di Bhutan, pendakiannya dilarang sejak 2003 dan membuat puncak terlarang ini dengan hormat ditarik dari pertengkaran duniawi.

** Ada hal yang bisa diperdebatkan bahwa Gunung Muchu Chhish secara teknis adalah puncak kedua (atau "subpeak"). Menurut National Geographic, sebagian besar ahli geologi mendefinisikan gunung sebagai bentuk lahan independen yang melebihi 300 meter di atas area sekitarnya.

Gunung Muchu Chhish tetap dihormati di antara lingkaran pendakian di Pegunungan Karakoram sebagai gunung yang bonafid.



Simak Video " Dua Orang Ini Cetak Rekor Pendakian Gunung Everest"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA