Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Nov 2020 08:12 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bukan Matcha, tapi Pasir di Pantai Ini Memang Hijau!

Bonauli
detikTravel
Pantai Papakolea di Hawaii
(Getty Images/iStockphoto) Pantai Papakolea di Hawaii
Ka'u -

Pantai-pantai instagrammable umumnya memiliki pasir yang putih bersih dan memukau. Tapi, pantai satu ini justru beda sendiri karena pasirnya berwarna hijau!

Inilah Pantai Papakolea di dekat South Point, Distrik Ka'u, Hawaii. Pantai ini disebut juga Green Beach atau Pantai Mahana oleh wisatawan.

Dilansir dari berbagai sumber, pantai ini tenar karena pasir pantainya yang berwarna hijau. Hanya ada 4 pantai berwarna hijau yang baru diketahui, Pantai Papakolea adalah salah satunya.

Warna hijau dari pasir pantainya bukan didapat dari lumut. Melainkan mineral olivine. Olivine merupakan komponen mineral yang umum ditemukan pada muntahan lahar gunung berapi.

Untuk kasus Pantai Papakolea berasal dari gunung berapi Pu'u o Mahana yang ada di sana. Begitu lahar mendingin, mineral silika yang dikandungnya akan mengalami kristalisasi dan berubah menjadi butiran olivine.

Pantai Papakolea di HawaiiPantai Papakolea di Hawaii Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Awalnya, butiran olivine berwarna hijau gelap seperti buah zaitun. Kristal olivine bercampur dengan materi lainnya dan menutupi permukaan pulau, termasuk pantai.

Gelombang laut datang mengikis pantai, namun pasir pantai tetap hijau dan berkilau. Itu dikarenakan butiran olivine lebih berat dari materi vulkanik lainnya. Sehingga kristal olivine tetap di sana menghiasi Pantai Papakolea.

Kini warna hijau zamrud yang tertinggal membuat pantai ini makin tenar. Karena kilau hijaunya, penduduk menamai pantai ini dengan sebutan Berlian Hawaii.

Pantai Papakolea di HawaiiPasir Pantai Papakolea di Hawaii Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Oiya, nama Pantai Papakolea sebenarnya diambil dari nama burung kolea yang pernah terlihat di sana. Wisatawan yang mau mengunjungi pantai ini perlu sedikit usaha untuk bisa melihatnya.

Pantai Papakolea di kelilingi oleh bebatuan. Sehingga traveler harus mendaki terlebih dahulu. Siapkan alas kaki yang pas untuk bisa treking ke pantai ini.

Selain Pantai Papakolea, pantai lainnya yang berwarna hijau adalah Pantai Talofofo, Punta Cormorant di Galapagos, dan Hornindalsvatnet yang ada di Norwegia.

(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA