Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Nov 2020 14:45 WIB

TRAVEL NEWS

Waduh, Corona Sudah Sampai Negara Kecil di Pasifik

Putu Intan
detikTravel
Keindahan alam Vanuatu
Vanuatu. (Foto: Getty Images/iStockphoto/helivideo)
Jakarta -

Virus Corona sudah sampai ke negara di kawasan Pasifik Selatan. Padahal kawasan itu tercatat sebagai yang teraman Corona di dunia.

Dilansir dari Travel and Leisure, Sabtu (21/11/2020) virus Corona menjangkiti penduduk di negara terpencil di Pasifik Selatan. Misalnya di Vanuatu, kasus virus Corona pertama ditemukan pada pekan lalu.

Virus Corona ini menyerang seorang pria muda berusia 23 tahun yang baru kembali dari Amerika Serikat. Untuk mencegah virus semakin menyebar, ia harus menjalani karantina mandiri.

Sebelumnya, negara berpenduduk 300 ribu orang itu melakukan sejumlah upaya untuk mencegah penyebaran Corona. Salah satunya membatasi mobilitas orang masuk dan keluar negaranya dan melakukan pengujian Corona pada sebanyak mungkin orang.

Selain Vanuatu, virus Corona juga sudah sampai ke Kepulauan Marshall. Di sana terdapat dua kasus virus Corona baru yang disinyalir datang dari warga yang bekerja di Hawaii.

Sementara itu di Kepulauan Solomon, kasus virus Corona pertama kali terdeteksi pada awal November. Virus Corona ini menjangkiti pelajar yang baru kembali dari Filipina dari penerbangan repatriasi.

Kemudian di Samoa, seorang pelaut yang baru kembali dari Eropa dan bepergian di Selandia Baru terdeteksi positif Corona. Pada tes kedua, ia terbukti sudah bebas Corona namun tetap harus dikarantina.

Fiji juga tak bisa kabur dari virus ini. Sebanyak 35 kasus Corona ditemukan di sana di mana dua di antaranya meninggal.

Negara-negara Kepulauan Pasifik sebenarnya merupakan negara bebas Corona terakhir yang tersisa. Namun dengan makin bertambahnya kasus di sana menjadi pengingat bahwa tak satu negara pun luput dari potensi terpapar Corona.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA