Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Des 2020 06:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mungkin, Ini Rumah Paling Kesepian di Dunia

Putu Intan
detikTravel
Jagad maya dihebohkan dengan foto sebuah rumah yang berdiri sendirian di pulau tak berpenghuhi. Berbagai teori muncul termasuk dikaitkan dengan zombie.
Foto: Hansueli Krapf/Wikimedia Commons (CC BY-SA 2.5)
Jakarta -

Jagad maya dihebohkan dengan foto sebuah rumah yang berdiri sendirian di pulau tak berpenghuni. Berbagai teori muncul termasuk dikaitkan dengan zombie.

Dilansir dari Oddity Central, Selasa (15/12/2020) foto itu sebenarnya telah beredar di internet selama bertahun-tahun. Namun hingga kini, asal-usul rumah itu masih menjadi misteri.

Pulau tempat rumah itu berdiri merupakan bagian dari Kepulauan Vestmannaeyjar di lepas pantai selatan Islandia. Pulau itu bernama Elliðaey (atau Ellirey). Letaknya di paling timur kepulauan tersebut.

Menurut sejarah, Pulau Elliðaey merupakan pulau tak berpenghuni sejak tahun 1930-an. Maka keberadaan bangunan rumah yang tampak terawat baik itu pun menimbulkan tanda tanya di benak masyarakat. Siapakah pemilik rumah ini?

Rumor dan teori mengenai rumah kesepian di Pulau Elliðaey ini pun bermunculan. Ada yang mengatakan bahwa rumah berdinding putih itu dibangun seorang pengusaha eksentrik sebagai tempat berlindung dari serangan zombie.

Ada pula yang berteori bahwa rumah ini adalah milik orang yang fanatik pada agama. Tak cuma itu, penyanyi Islandia, Bjork juga diisukan memiliki tempat retret di sana dan melakukan negoisasi dengan pihak berwenang untuk membeli pulau itu.

Ternyata, tak ada satupun dari teori di atas yang benar. Rumah ini ternyata adalah sebuah pondok berburu yang dibangun pada tahun 1950-an oleh Asosiasi Berburu Elliðaey.

Kala itu anggota asosiasi itu menggunakan rumah sebagai peristirahat ketika berburu burung puffin. Akan tetapi hingga kini eksistensi klub berburu ini juga tak jelas sebab pulau itu tidak berpenghuni.

Sedikit mundur sebelum tahun 1930-an, pulau ini memang ditinggali sejumlah keluarga. Kemudian pulau itu mulai ditinggalkan penduduknya karena mereka ingin mencari peluang kerja yang lebih baik di Islandia.

Teori mengatakan, beberapa penduduk masih kerap kali mondar-mandir berkunjung ke Pulau Elliðaey untuk berburu burung puffin dan memancing ikan. Itulah yang diduga menjadi asal-muasal berdirinya rumah sebatang kara di sana.

Meskipun rumah itu terlihat dalam kondisi baik, akan sulit bila ada orang yang tinggal di sana. Rumah itu tak memiliki fasilitas listrik dan air.

Pulau Elliðaey sendiri sebenarnya merupakan cagar alam tempat tinggalnya berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Jika traveler penasaran ingin menengok keindahan pulau dan rumah misterius tadi, dapat menggunakan jasa tur lokal di sana.



Simak Video "Mengenal Rumah Bolon di Komplek Istana Raja Purba Sumatera Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA