Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Jan 2021 20:13 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bukan Pusat Perbelanjaan, Ini 7 Fakta National Mall

Putu Intan
detikTravel
The U.S. Capitol is seen between flags placed on the National Mall ahead of the inauguration of President-elect Joe Biden and Vice President-elect Kamala Harris, Monday, Jan. 18, 2021, in Washington.
National Mall dijuluki halaman depan Gedung Kongres AS. Foto: AP/Alex Brandon
Washington DC -

National Mall seringkali disalahpahami sebagai pusat perbelanjaan. Tapi jangan salah, tempat ini merupakan taman luas yang menjadi lokasi lahirnya peristiwa penting di Amerika Serikat (AS), termasuk pelantikan Presiden AS terpilih Joe Biden yang bakal digelar pada Kamis (21/1/2021) pukul 11.30 waktu setempat.

National Mall ini biasanya ramai dipadati masyarakat AS saat pelantikan Presiden AS. Sayangnya, karena pandemi COVID-19, masyarakat diimbau untuk menonton pelantikan secara virtual dari rumah. Sebagai gantinya, National Mall dipasangi ratusan ribu bendera AS untuk menyambut Joe Biden dan wakilnya, Kemala Harris.

Nah, selain menjadi bagian dari pelantikan Presiden AS, National Mall rupanya menyimpan berbagai fakta unik yang perlu traveler ketahui. Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, inilah 5 fakta National Mall.

1. National Mall adalah rancangan insinyur Prancis

The U.S. Capitol building is prepared for the inauguration ceremonies for President-elect Joe Biden as the Foto: AP/Joe Raedle

Ide pembangunan National Mall rupanya telah dimulai sejak masa pemerintahan Presiden AS pertama yakni George Washington. Kala itu Washington telah memilih ibu kota negara AS di Washington DC dan menunjuk insinyur Prancis Pierre L'Enfant untuk merancang tata kotanya.

Rancangan ini dibuat pada tahun 1791 yang dikenal dengan nama L'Enfant Plan. Dalam rancangan tersebut, L'Enfant membayangkan sebuah jalan raya dengan deretan pepohonan dan taman yang membelah kawasan pusat kota Washington atau Downtown DC, mirip Arc de Triomphe atau Champs-Élysées di Paris, Prancis.

Ia kemudian ingin membangun National Mall dengan jalur berumput sempit, membentang dari Lincoln Memorial sampai ke Capitol Building. Kemudian bagian tengahnya dipisahkan oleh Monumen Washington.

Namun malang, L'Enfant dipecat sebelum berhasil mewujudkan idenya. Konon, ia dipecat lantaran ingin menggusur rumah tuan tanah terkenal untuk membangun jalan baru.

Ide pembangunan ini pun sempat terhenti sebelum kemudian dilanjutkan pada tahun 1902 lewat Rencana McMillan Commission. Rencana ini melanjutkan ide L'Enfant yang menjadikan National Mall sebagai jantung Kota Washington.

Pembangunan pun dilakukan dengan menjadikan taman sebagai ruang terbuka hijau dan dilengkapi area pejalan kaki serta pesepeda.

2. Menjadi saksi peristiwa bersejarah AS

The U.S. Capitol is seen between flags placed on the National Mall ahead of the inauguration of President-elect Joe Biden and Vice President-elect Kamala Harris, Monday, Jan. 18, 2021, in Washington. Foto: AP/Alex Brandon

National Mall kerap kali digunakan untuk berbagai acara dan peringatan. Salah satu yang paling ikonik adalah aksi protes Martin Luther King Jr pada 1969. Kala itu, ribuan orang memadati National Mall untuk mendengarkan pidato berjudul I Have a Dream yang berisi protes kepada pemerintah AS terkait Perang Vietnam.

Di National Mall juga terdapat 65 monumen yang membentang dari bagian barat sampai timur. Monumen itu antara lain, Lincoln Memorial, World War II Memorial, Washington Monument, Vietnam Veterans Memorial, Korean War Veterans Memorial, Martin Luther King, Jr. Memorial, Franklin Delano Roosevelt Memorial, dan Thomas Jefferson Memorial.

3. Ramai dikunjungi

Sebelum pandemi COVID-19 melanda AS, National Mall merupakan tempat yang ramai dikunjungi wisatawan. Setidaknya 25 juta orang datang ke National Mall setiap tahun. Jumlah ini lebih banyak dari wisatawan yang datang ke Taman Nasional Yellowstone atau Grand Canyon.

Selanjutnya: National Mall punya berbagai fasilitas olahraga

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA