Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Jan 2021 19:18 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Palet Lukis Kuno Berusia Lebih 3.000 Tahun

Syanti Mustika
detikTravel
Palet kuno
Foto: (dok Met Museum)
London -

Benda kuno memang selalu menarik untuk diulik. Seperti palet lukis kuno yang telah ada semenjak tahun sebelum Masehi lho.

Berkunjung ke museum memang menyenangkan. Melihat ragam benda-benda yang digunakan leluhur sebelum untuk bertahan hidup, hingga membuat karya seni.

Salah satu benda museum yang menarik mata adalah palet lukis. Ini adalah salah satu koleksi yang dimiliki Museum Met di Inggris.

Bukan palet cat biasa. Palet ini diperkirakan telah lebih berusia 3.000 tahun yang berasal dari abad 1390-1352 SM lho. Palet gading dengan 6 lubang ini berisi pewarnaan seperti yang digunakan sekarang.

Palet tua ini diperkirakan digunakan pada zaman Mesir kuno oleh seniman setempat. Mungkin bentuknya biasa saja, palet ini memiliki tulisan yang menunjukkan penggaris pada zaman itu.

Palet kunoPalet kuno Foto: (dok Met Museum)

Palet ini bertuliskan nama Amenhotep III. Masih ada jejak warna di dalamnya, yaitu biru, hijau, kuning, merah, hitam, dan satunya mungkin berwarna coklat. Penemuan ini pertama kali diakuisisi oleh Lord Carnarvon pada tahun 1923, kemudian diakuisisi oleh museum pada tahun 1926.

Palet lukis kuno ini kemungkinan besar digunakan di Mesir Hulu pada masa pemerintahan yang sangat menghargai seni. Amenhotep III juga dikenal sebagai Magnificent, berasal dari dinasti kedelapan belas dan dia membawa masa kemakmuran ke Mesir dengan mementingkan ekspresi artistik.

Palet tidak hanya digunakan oleh pelukis. Selama dinasti kedelapan belas, semua ekspresi artistik dihargai, termasuk tulisan. Tentu saja, aspek ini lebih condong ke sektor yang lebih resmi, tetapi tetap saja tulisan tangan yang baik bisa berpengaruh besar di dunia diplomatik!

Model palet juru tulis ini diukir untuk juru tulis kerajaan dan kepala pelayan di Memphis, Amenhotep. Itu bertanggal pada masa pemerintahan Amenhotep III, seperti palet pertama, hanya yang ini jelas digunakan untuk menulis.

Museum Mat ini juga memiliki palet serupa lainnya, tetapi agak kurang terjaga. Yaitu Palet lukisan Wazir Amenemopet yang berasal dari tahun 1427-1400 SM.

Palet lukis kuno ini dapat dikaitkan dengan pemerintahan Amenhotep II. Hanya saja palet yang ini yang terbuat dari kayu, bukan gading. Jadi kemungkinan besar pengguna paletnya kurang baik.



Simak Video "Heboh! Warga Gowa Temukan 7 Benda Kuno di Tambang Galian"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA