Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 31 Jan 2021 19:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Serba-serbi Kastil Himeji, Tempat Syuting James Bond dan Kisah Hantunya

Syanti Mustika
detikTravel
Kastil Himeji di Jepang
Foto: Andy Saputra/detikTravel
Jakarta -

Salah satu kastil yang harus dikunjungi di Jepang adalah Kastil Himeji. Kastil ini dulu jadi lokasi syuting James Bond dan terkenal juga akan cerita hantunya.

Selain pernah menjadi lokasi syuting James Bond, Kasti Hameji juga terdaftar dalam Warisa Dunia UNESCO lho. Banyak fakta menarik menmgenai kastil ini yang perlu traveler ketahui. detikcom telah merangkum, Rabu (27/1/2021) serba-serbi Kastil Hameji.

1. Lokasi syuting James Bond

Kamu penggemar James Bond pasti tidak asing dengan Kastil Himeji. Kastil ini dikunjungi James Bond pada 1967 dalam film 'You Only Live Twice' dan salah satu lokasinya yaitu Himeji Castle.

Dalam film yang diperankan Sean Connery itu, James Bond mencegah terjadinya Perang Dunia ke-III. Sinyal datangnya Perang Dunia III itu ditandai dengan menghilangnya dua pesawat ulang alik yang dimiliki oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Di mana Bond kemudian menyelidiki kasus tersebut yang membawanya terbang ke Jepang. Di negara itu, Bond menemukan sebuah organisasi yang masih ada kaitannya dengan SPECTRE yang dimiliki oleh Ernst Stavro Blofeld.

Kastil Himeji di JepangKastil Himeji di Jepang Foto: (Aryo Prasetyo Budi/d'Traveler)

2. Terkena bom dan dibangun kembali

Kastil Himeji berlokasi di tengah-tengah Kota Himeji, yang masuk dalam Prefektur Hyogo. Kota yang terdekat, adalah Kobe yang berjarak 50 km ke arah barat. Adapun dari Osaka kurang lebih 90 menit menggunakan bus. Sedangkan dari Tokyo, sejauh 650 km dan bisa ditempuh naik kereta Shinkansen.

Menurut sejarah, Istana Himeji dibangun pada tahun 1346 di zaman Istana Utara-Istana Selatan oleh putera shogun Akamatsu Norimura (Enshin) yang bernama Akamatsu Sadanori di lokasi gunung Hime yang terdapat di sebelah utara kota Himeji.

Pada Perang Dunia II, Kota Himeji dibom dua kali dan seluruh kota hangus. Bom juga mengenai Kastil Himeji, namun tidak meluluhlantakan istana setinggi 7 lantai itu sehingga bisa dibangun kembali.

3. Situs UNESCO

Kastil Himeji diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1993. Kita bisa lihat bagaimana megahnya bangunan kastil yang menunjukan betapa terbaiknya arsitektur Jepang. Konon kastil ini objek pertama di Jepang yang diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia.

Kastil Himeji di JepangKastil Himeji di Jepang Foto: Andy Saputra/detikTravel

4. Ada kisah hantunya

Ada kisah yang dipercayai masyarakat Jepang di Kastil Himeji. Yaitu ada sosok mahluk berbadan hewan menyerupai ulat dengan sebagian tubuh lainnya berbentuk perempuan. Mahluk ini disebut Okiku Mushi.

Konon dulunya, ada pelayan bernama Okiku yang dibunuh oleh sang kekasih. Kemudian tubuhnya diikat tali, disiksa dan jasadnya dibuang ke dalam sumur di Kastil Himeji. Setelah kematannya muncul beragam kejadian aneh yang diduga ulah arwah yang dendam. Salah satunya adalah muncul ulat yang di Jepang disebut jako ageha atau dikenal juga Okiku mushi.

Ada juga kisah lain yang mengatakan bahwa Okiku dibunuh setelah dituduh mencuri salah satu benda berharga milik tuannya. Dia pun disiksa sampai mati di dalam menara, kemudian mayatnya dipotong-potong dan dibuang ke dalam sumur.

5. Salah satu kastil terbesar di Jepang

Ksstil Himeji merupakan salah satu kastikl trbesar dengan luas 233 Hektar. Di dalam kawasan ini terdapat 83 bangunan.



Simak Video "Daya Tarik Kuil Kiyomizudera di Kyoto yang Memikat"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA