Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Feb 2021 13:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Lebar Cuma 2,5 Meter, Mungkin Ini Hotel Terkecil di Dunia

Hotel terkecil sedunia di Amberg, Jerman.
Foto: (Reuters)
Amberg -

Umumnya sebuah hotel punya daya tampung yang cukup banyak. Namun, hotel di Jerman ini hanya bisa buat dua orang saja. Inikah hotel terkecil di dunia?

Memiliki luas 53 dan lebar 2,5 meter, di Amberg, Jerman kerap disebut sebagai hotel terkecil di dunia. Secara harfiah, namanya dapat diterjemahkan sebagai rumah pernikahan dalam bahasa Jerman.

Hanya walau kecil, hotel itu diketahui telah ada sejak lama. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Senin (1/2/2021), disebutkan kalau hotel itu telah berusia sekitar 280 tahun dan dibangun tahun 1728 seperti diberitakan Insider.

Oleh pihak Guinness Book of Records, hotel Jerman itu juga ditahbiskan sebagai hotel terkecil di dunia sejak tahun 2008 silam.

Hotel terkecil sedunia di Amberg, Jerman.Hotel terkecil sedunia di Amberg, Jerman (dok Eh'Haeusl)

Konon sejarahnya, dahulu bangunan itu dirancang sedemikian rupa untuk menghindari aturan lama yang mengharuskan pasangan yang ingin menikah wajib punya properti.

Mengatasi aturan itu, seorang cerdik menarik dua dinding yang memiliki celah sempit dan menaruh atap di antaranya. Dengan cara itu ia berhasil membuat buat rumah yang jadi bukti bagi sebuah pasangan.

Kemudian, rumah itu dibeli oleh sebuah pasangan yang akan menikah. Setelahnya, rumah itu kembali dijual dan dibeli lagi oleh pasangan setelahnya. Tidak heran kalau akhirnya rumah itu dijuluki rumah pernikahan Jerman.

Adapun dalam perjalanannya, rumah itu direnovasi pada tahun 2008 silam dan dialihfungsikan sebagai hotel mewah dengan Marina Schreiner sebagai pemiliknya. Hanya saja, kapasitasnya tetap maksimal dua orang seperti fungsi aslinya.

Uniknya, sebagian besar tamu yang datang ke hotel itu merupakan pasangan yang tengah berbulan madu atau merayakan hari jadi seperti diungkapkan pemilik hotel.

Hotel terkecil sedunia di Amberg, Jerman.Interior kamar hotel (dok Eh'Haeusl)

Bagi yang penasaran, hotel unik tujuh lantai itu juga disebut sangat sederhana. Lantai teratas tidak memiliki apa pun selain sebuah kolam atau bak mandi. Sementara tempat tidur dapat ditemukan di lantai bawahnya.

Satu lantai di bawahnya dapat ditemukan kamar mandi dengan perapian. Ada juga ruangan dengan sebuah sofa yang jadi tempat sarapan.

Uniknya, hotel ini juga punya ruang bawah tanah yang jadi dapur sekaligus tempat kerja karyawan hotel. Biasanya kegiatan memasak dilakukan di tempat tersebut.

Selanjutnya: Pengalaman Turis menginap di Hotel Terkecil Dunia

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA