Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Mar 2021 06:43 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

3 Fakta Unik tentang Orang Jepang dan Hobi Mandi Bersama

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi Onsen
Foto ilustrasi mandi ala orang Jepang (iStock)
Jakarta -

Mandi bagi orang Jepang tak cuma untuk membersihkan fisik tetapi juga jiwa. Mandi bersama pun sering dilakukan di tiga tempat yaitu Ofuro, Sento, dan Onsen.

Budaya mandi bersama di Jepang dikenal kental sejak dulu. Bagi orang Jepang, mandi menjadi ritual pembersihan diri secara harian. Selama ratusan tahun, mereka menganggap mandi sebagai sifat pemurnian dan penyembuhan.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, hal ini berkaitan dengan pentingnya pemurnian diri dalam ajaran Buddhisme dan Shintoisme. Dalam kedua agama itu disebutkan membasuh diri sendiri dari semua kotoran merupakan langkah penting bagi pengikutnya.

Makanya, masyarakat yang sedang sakit atau menstruasi dilarang masuk ke area kuil Shinto. Kuil Shinto juga dilengkapi dengan air mancur yang digunakan untuk membersihkan tangan dan mulut pengunjung sebelum berdoa.

Budaya mandi sebagai penyucian diri rupanya dikenal tepatnya sejak abad ke-6. Kala itu, Kuil Buddha mulai membangun pemandian untuk biksu dan peziarah ketika mereka melakukan ritual pembersihan.

Di sana mereka berkumpul untuk mandi bersama. Pemandian pun lama-kelamaan menjadi ruang sosial.

Dalam prosesnya, terus berkembang hingga muncul pemandian-pemandian umum di Jepang, yang saat ini dikenal wisatawan. Setidaknya ada tiga jenis pemandian yang dikenal di Jepang yaitu pemandian di rumah (Ofuro), pemandian umum (Sento), dan pemandian air panas (Onsen).

Berikut tiga fakta tentang hobi mandi bersama yang dilakukan orang Jepang:

1. Ofuro

rear view Young couple relaxing in hot springsFoto: (iStock)

Kegiatan mandi bersama dimulai dari tingkat keluarga di Jepang. Kegiatan itu dilakukan di bathub yang disebut Ofuro.

Ofuro merujuk pada bathub tradisional yang luas dan terbuat dari hinoki (cemara Jepang) tapi saat ini banyak terbuat dari material moderen.

Kebanyakan orang Jepang akan mandi bersama anggota keluarga di malam hari sambil melepas lelah dan rileksasi. Di saat itu, anggota keluarga juga akan mendiskusikan kegiatan hari itu dalam suasana santai. Biasanya dilakukan juga untuk mempererat hubungan orang tua dan anak.

2. Sento

Ilustrasi OnsenIlustrasi sento. Foto: (iStock)

Selanjutnya adalah Sento yaitu pemandian umum yang airnya merupakan air panas buatan. Sebelum masuk ke area pemandian, setiap orang harus membayar sekitar 400 yen.

Di Sento tradisional, pengunjung akan bertemu dengan banto-san atau pemilik sento yang duduk di atas pembatas yang memisahkan bagian pria dan perempuan.

Di sana, pengunjung diminta untuk masuk ke ruang ganti untuk melepaskan pakaian. Kemudian setelah siap, pengunjung dapat membuka pintu kaca dan masuk area pemandian.

Sento dilengkapi dengan kepala pancuran dan ember berjajar di satu dinding yang berfungsi agar pengunjung membersihkan diri masing-masing sebelum masuk ke pemandian umum itu.

Sento memiliki filosofi yang lebih merujuk ke satu kesatuan daripada onsen. Pengunjungnya wajib memperhatikan etika termasuk membawa topi mandi dan perlengkapan lainnya ke area pemandian.

3. Onsen

Khasiat Panjang Umur dan Sehat Orang Jepang: Berendam Air Panas di 'Onsen'Khasiat Panjang Umur dan Sehat Orang Jepang: Berendam Air Panas di 'Onsen' Foto: DW (SoftNews)

Onsen merupakan pemandian air panas yang sumber airnya langsung dari mata air pegunungan. Sebagaimana diketahui, Jepang merupakan negara kepulauan yang dipenuhi gunung berapi.

Terdapat lebih dari 25.500 mata air panas yang ada di Jepang. Hal ini membuat jumlah onsen juga semakin banyak.

Orang Jepang mandi beramai-ramai ke onsen karena percaya pada kekuatan penyembuhan mata air panas selama lebih dari 1000 tahun. Manfaat ini berbeda-beda tergantung jenis mata airnya.

Mata air yang karbon hidrogen dapat menghaluskan kulit. Kemudian mata air belerang dapat mengatur tekanan darah dan menjaga arteri tetap lentur. Sementara air yang mengandung zat besi berkhasiat untuk menenangkan persendian.

Onsen juga dikaitkan dalam kepercayaan Buddhisme. Menurut mitologi, banyak hewan mampu disembuhkan melalui mata air panas. Membawa air dari onsen juga dipercaya dapat membersihkan dan menyembuhkan.



Simak Video "Jepang Akan Terapkan Darurat Corona di Tokyo Sampai 22 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA