Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Mar 2021 20:09 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tak Kalah dari Kongo, Ini Tiga Gunung di Dunia yang Dincar Pemburu Emas

CNN Indonesia
detikTravel
Tak hanya di Kongo, gunung emas pun bisa ditemukan di berbagai negara. Bahkan Indonesia masuk daftar 10 besar negara yang punya emas terbanyak.
Foto: (Getty Images/iStockphoto/)
Jakarta -

Baru-baru ini publik dikejutkan dengan gunung emas yang berada di Republik Demokratik Kongo. Warga berbondong-bondong menggeruk tanah di gunung untuk mendapat emas.

Tak hanya di Kongo, gunung emas pun bisa ditemukan di berbagai negara.

Bahkan Indonesia masuk daftar 10 besar negara yang punya emas terbanyak. Berikut tiga gunung di dunia yang diincar penambang emas mengutip CNNIndonesia.com.

1. Tambang Emas Grasberg

Mengutip Minning Technologi di pegunungan Jayawijaya, Papua, Indonesia terdapat kawasan yang menyimpan emas yang sangat banyak, namanya tambang emas Grasberg. Ditemukan pada tahun 1988, Grasberg merupakan salah satu tambang emas terbesar di dunia.

Grasberg dioperasikan oleh PT Freeport Indonesia, anak perusahaan dari Freeport Max. Operasi penambangan Grasberg terdiri dari tambang terbuka dan empat tambang bawah tanah, yaitu DOZ, DMLZ, Big Gossan dan Grasberg Block Cave (GBC).

Tambang emas Grasberg diprediksi mengandung 30,2 juta ons (Moz) emas. Pada tahun 2018, tambang Grasberg menghasilkan 2,69 Moz emas, mengolah 178.100 ton bijih per hari.

Ekspansi yang sedang berlangsung di tambang tersebut direncanakan bisa meningkatkan produksi hingga 240.000 ton per hari pada 2022.

Tak hanya di Kongo, gunung emas pun bisa ditemukan di berbagai negara. Bahkan Indonesia masuk daftar 10 besar negara yang punya emas terbanyak.Tambang Emas Grasberg (Getty Images/iStockphoto/)

2. Castle Mountain

Melansir NS Energy Business, Tambang Castle Mountain Gold Mine terletak di ujung selatan Castle Mountains, California, Amerika Serikat.

Area proyek berada di dataran tinggi yang dikelilingi oleh Monumen Nasional Pegunungan Castle dan Cagar Alam Nasional Mojave.

Tambang Castle Mountain Gold Mine diprediksi memiliki cadangan emas sebanyak 3,6 juta MoZ. Tambang itu sempat menghasilkan lebih dari 1 juta MoZ emas antara tahun 1992 hingga 2004, sebelum produksinya dihentikan karena harga emas rendah.

Pada tahun 2018, pertambangan emas dilanjutkan. Rencananya tambang emas bisa memproduksi hingga 203.000 MoZ pada kuartal pertama 2021.

Tak hanya di Kongo, gunung emas pun bisa ditemukan di berbagai negara. Bahkan Indonesia masuk daftar 10 besar negara yang punya emas terbanyak.Castle Mountain Foto: (Getty Images)

3. Round Mountain

Tambang emas Round Mountain berlokasi di kawasan pegunungan Nevada, AS. Pemiliknya adalah Kinross Gold.

Melansir USGS, Round Mountain adalah salah satu deposit emas raksasa di dunia. Kandungan logam total dari sistem ini kira-kira mencapai 20 juta ons emas. Dahulu tambang ini ditemukan pada tahun 1906.



Simak Video "Update Kondisi Ilaga Usai KKB Bakar Heli di Bandara"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA