Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Mar 2021 05:18 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Emas Kongo bakal Jadi Sumber Petaka atau Bahagia Warganya?

Tim detikcom
detikTravel
Congolese artisanal miners are seen mining for gold in the Togo-Kazaroho area on July 11, 2018 in Ituri Province. The Togo-Kazaroho Gold Mining site lies deep within the Ituri Forest. Miners will stay out in the forest for up to a week, by the end of the week the will usually have mined about Six grams of gold. The gold gets sold to traders in the near by town of Mambasa, from there it will either head legally to the town of Bunia or Illegally over the borders in Uganda. (Photo by John WESSELS / AFP)
Foto: AFP/JOHN WESSELS
Jakarta -

Gunung emas di Kongo menjadi viral. Menjadi sumber petaka lain atau sungguh-sungguh berkah bagi warga negara itu?

Viralnya gunung emas itu dikabarkan datang dari desa Luhihi, Provinsi Kivu Selatan, Kongo. Tempatnya berada di sekitar 50 km dari ibu kota provinsi, Bukavu lewat Twitter.

Dilansir dari berbagai sumber, video menunjukkan penduduk setempat berkerumun, menggali tanah, dan memindahkannya ke dalam kantong.

Video itu diunggah oleh Ahmad Algohbary, seorang jurnalis lepas, di Twitter. Dia bilang video itu bukan rekaman yang diambil olehnya, namun dia yakin itu terjadi di Kongo belum lama ini.

"Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar bagi beberapa penduduk desa di negara ini, ketika seluruh gunung yang dipenuhi dengan emas ditemukan! Mereka menggali tanah untuk menemukan emas dan membawanya ke rumah mereka untuk membersihkan kotoran dan mengekstraksi emasnya," kata Ahmad Algohbary, seorang jurnalis lepas yang membagikan video viral itu di Twitter.

Tapi kini tambang itu ditutup. Pemerintah menyebut penghentian aktivitas tambang itu untuk mengidentifikasi penambang dan memastikan penelusuran emas yang diproduksi sesuai dengan hukum di Kongo.

Selain itu, ini dia sejumlah fakta tentang Kongo dan gunung emasnya:

1. Kongo ada di mana?

Kongo merupakan sebuah negara di Afrika Tengah, berbatasan dengan Gabon, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Congo, provinsi Angola-Cabinda dan Teluk Guinea.

2. Gunung emas Kongo di wilayah terpencil

Gunung emas ini terletak di desa Luhihi, Provinsi Kivu Selatan, Kongo. Luhihi berjarak sekitar 50 km dari ibu kota provinsi, Bukavu.

3. Gunung emas Kongo ditemukan pada Februari

Menteri Pertambangan Kivu Selatan Venant Burume menyatakan gunung emas ditemukan sejak akhir Februari 2021. Tidak lama setelah penemuan itu, gunung emas tersebut diserbu warga dan angkatan bersenjata Kongo (FARDC).

4. Gunung emas Kongo ditutup

Setelah gunung emas itu ramai dengan penduduk dan FARDC, pemerintah Kongo menyetop sementara aktivitas penambangan di sana.

Dalam sebuah surat perintah pemerintah menginstruksikan pedagang, penambang, dan anggota angkatan bersenjata Kongo agar meninggalkan lokasi tambang. Pemerintah bilang akan mengidentifikasi penambang dan mengatur produksinya sesuai hukum.

5. Gunung emas Kongo disebut mengandung 90 persen emas

Gunung emas di Kongo yang viral itu disebut-sebut memiliki kandungan emas mencapai 90 persen. Tapi, belum ada bukti ilmiahnya.

6. Gunung emas, tambang lain di Kongo

Gunung emas di Kongo menjadi tambahan dari kekayaan Kongo lainnya dari pertambangan. Negara itu bahkan dianggap sebagai salah satu negara terkaya di dunia dengan sumber daya alamnya.

Kongo memiliki 70 persen coltan dan koblat yang digunakan dalam pembuatan HP dan laptop, juga memiliki tembaga, emas, dan berlian.

7. Emas di Kongo lebih sering menjadi petaka

Sebelum viral gunung emas itu, Kongo memiliki tambang emas lain. Tapi, produksi emas di Kongo secara sistematis tidak dilaporkan dan berton-ton logam mulia itu diselundupkan ke melalui tetangga timurnya.

Selain itu, tambang emas di Kongo seringkali terkait dengan kelompok bersenjata sehingga memaksa orang lain untuk menambang serta memungut retribusi yang tinggi dari para penambang itu.

Kendati menjadi negara kaya dari hasil tambang dan yang terluas kedua di Afrika, namun Kongo justru merupakan negara miskin kedua di dunia. Warganya kelaparan, selalu ada konflik antara pemerintah dan suku tradisional.



Simak Video "Kepanikan Warga Kongo Saat Gunung Nyiragongo Meletus"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA