Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Mar 2021 08:42 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Desa Wisata Unik di Korea, Isinya Semua tentang Paus

Putu Intan
detikTravel
Desa Budaya Paus Jangsengpo di Ulsan, Korea Selatan
Foto: Korean Tourism Organization (KTO)
Ulsan -

Tren desa wisata tak cuma tengah naik daun di Indonesia. Di Korea Selatan juga dikembangkan berbagai desa wisata termasuk yang satu ini, khusus membahas soal paus.

Bicara soal potensi wisata di Korea Selatan memang tidak cuma berpusat di Seoul atau Jeju saja. Korea Selatan juga daerah yang terkenal akan pausnya yaitu Ulsan.

Saking terkenalnya, Ulsan sampai mendapatkan julukan sebagai kota paus. Ini karena zaman dahulu, masyarakat Ulsan memang kerap memburu paus. Akan tetapi, perburuan itu resmi dilarang pemerintah Korea Selatan sejak 1986.

Kendati praktik ini sudah dilarang, masyarakat masih dapat mempelajari sejarah, budaya, dan kehidupan masyarakat desa pemburu paus itu dari Desa Budaya Paus Jangsaengpo.

Dikutip dari laman Korea Tourism Organization (KTO) desa ini merupakan desa perburuan paus tertua di Korea. Andai traveler datang ke sana, traveler akan disuguhi pemandangan desa buatan melalui instalasi Whale Plaza, Desa Tua Jangsaengpo, Prehistoric Whale Experience Garden, taman botani akuatik dan lain-lain.

Selain informatif, tempat ini juga kerap dijadikan tempat berburu foto instagramable. Instalasi patung-patung paus di sana terlihat apik bak paus sungguhan.

Desa wisata ini terletak di 209-1 Maemdong, Namgu, Ulsan. Desa ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00.

Untuk tiket masuknya dikenakan 2.000 won (sekitar Rp 25.000) untuk satu orang sementara jika datang dalam grup minimal 20 orang, setiap orang akan dikenakan tiket masuk 1.600 won (sekitar Rp 20.000).

Di samping desa paus, Ulsan juga terkenal akan Festival Ikan Paus Ulsan. Berbeda dengan kegiatan perburuan paus seperti zaman dahulu, festival ini justru diisi dengan edukasi dan donasi untuk menyelamatkan paus.



Simak Video "Protes Jepang Buang Limbah Nuklir ke Laut, Mahasiswa Korsel Cukur Rambut"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA