Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Mar 2021 16:03 WIB

TRAVEL NEWS

Kontroversi Joseon Exorcist: Distorsi Sejarah hingga Penggunaan Properti Khas China

Lusiana Mustinda
detikTravel
Joseon Exorcist, gam-woo-sung
Foto: dok SBS
Jakarta -

Joseon Exorcist tayang perdana pada Senin (22/03/2021). Baru tayang dua episode, drama Korea ini menuai kritikan dari netizen Korea sampai pada akhirnya harus diberhentikan.

Joseon Exorcist menceritakan tentang Raja Teajong (pemain Kam Woo Sung) dan dua putranya Pangeran Chungyung (pemain Jang Dong Yoon) dan Pangeran Yangnyeong (pemain Park Sung Hoon), melawan roh jahat yang hidup untuk menyelamatkan Dinasti Joseon.

Kritikan yang terjadi dikarenakan banyaknya alat peraga yang menggunakan budaya China. Hal tersebut berdampak pada distorsi sejarah dan budaya. Bahkan beberapa sponsor juga menarik diri dari drama tersebut. Padahal penayangannya sudah dihentikan seminggu untuk mengedit bagian yang dianggap bermasalah.

Kronologi pemberhentian tayangan drama Joseon Exorcist tidak hanya karena mendapat kritikan netizen, tetapi juga beberapa keluarga kerajaan. Sebelumnya, keluarga Kerajaan Lee Jeonju, keluarga klan Lee Joseon yang memerintah Korea selama 500 tahun, meminta drama tersebut stop tayang.

Bahkan pernyataan diberikan langsung pada SBS dan petisi yang dilayangkan juga diberikan kepada pemerintah Korsel. "Joseon Eorcist mengambil nama tokoh sejarah dan memasukkannya ke narasi yang terdistorsi. Seperti Raja Taejong, Pangeran Yangyeong, dan Pangeran Choongneyong (yang dikenal dengan Raja Sejong).

"Kami meminta pembatalan segera drama 'Joseon Exorcist', yang mendistorsi sejarah dan budaya Korea dan menunjukkan favoritisme terhadap Proyek Sejarah Timur Laut China," jelas asosiasi keluarga kerajaan pada Rabu (24/3/2021) sebagaimana dilansir dalam Allkpop.

Episode yang menuai kritikan


Di episode pertama, Joseon Exorcist, Pangeran Chungnyung diperintahkan oleh Raja untuk melakukan perjalanan ke perbatasan Dinasti Ming. Untuk diketahui, Era Joseon, dinasti inilah yang berkuasa di Tiongkong.

Ada juga sebuah adegan yang kontroversi karena menampilkan makanan khas Tiongkok. Dalam adegan tersebut, Pangeran Chungnyung makan bersama pengusir setan Yo Han makanan khas Tiongkok.

Salah satunya adalah kue bulan, telur pitan dan pangsit khas Tiongkok di atas meja makan. Selain itu, ada pula botol bertuliskan huruf China (酒) yang berarti minuman keras.

Tim produksi memilih lokasi Kabupaten Uiju (perbatasan Dinasti Ming) untuk menggambarkan perjalanan jauh yang harus ditempuh Pangeran Chungnyung (pemain Jang Dong Yoon). Ia pergi ke perbatasan China atas arahan Raja guna membawa pengusir setan Yo Han (pemain Darcy Paquet).

Itu merupakan lokasi rombongan pengusir setan dari Barat bisa beristirahat setelah melakukan perjalanan dari Dinasti Ming dan masuk ke Joseon. "Karena berdekatan dengan Dinasti Ming, kami menyiapkan alat peraga dengan menggunakan imajinasi kami kalau di sana juga sering menjadi lokasi lalu lintas orang China," ungkap SBS seperti dilansir dalam Sports Kyunghyang.



Simak Video "Drama 'Joseon Exorcist' Banjir Kritikan, Begini Respons SBS"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA