Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Apr 2021 03:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Negara Tempat Honeymoon yang Penduduknya 100 Persen Islam

Bonauli
detikTravel
Before After kebakaran di Gili Lankanfushi, Maldives
Gili Lankanfushi di Maldives (POOL/dok. Gili Lankanfushi)
Male -

Memiliki jajaran pantai pasir putih yang indah, negara ini dijuluki yang paling romantis. Kerap jadi pelesiran bulan madu, inilah Maldives.

Siapa yang tak kenal dengan Maldives atau Maladewa? Negara kepulauan di Asia Selatan ini mendunia sebagai tempat bulan madu paling romantis.

Tak hanya pantainya yang indah, Maldives juga popular sebagai tempat diving dunia. Di kelilingi atol atau karang cincin, Maldives juga masuk dalam jajaran surga bawah laut dunia.

Menjadi negara kepulauan, Maldives menyewakan pulau-pulau kecilnya untuk resort dan milik perseorangan. Ibukota yang menjadi kota pemerintahan dan tempat penduduknya tinggal adalah Male.

Pulau Sultan di MaldivesPulau Sultan di Maldives Foto: (CNN)

Melihat sejarahnya, Maldives sempat dijajah oleh Portugis dan Inggris. Setelah itu Maldives direbut oleh seorang pemimpin muslim bernama Muhammad Thakurufaanu Al-Auzam.

Muhammad Thakurufaanu Al-Auzam kemudian memimpin sejak 1573. Sebelumnya, Maldives memang merupakan negara kesultanan di bawah perwalian Inggris. Namun kemudian merdeka pada tanggal 26 Juli 1965 dan menjadi negara Republik.

Karena berada di bawah kesultanan, Maldives otomatis menjadi negara berpenduduk islam. Dengan luas wilayah 297,8 km persegi, semua penduduk yang tinggal di sana memang diharuskan memeluk agama islam.

Kebijakan ini diwajibkan secara legal di bawah Undang-undang negara. Tahun 2008, Maldives melengkapi undang-undang tersebut dengan menyatakan bahwa yang tidak beragama Islam dilarang untuk menjadi warga negara.

Pulau Sultan di MaldivesPulau Sultan di Maldives Foto: (CNN)

Ini mengapa, Maldives disebut-sebut sebagai negara Islam terkecil di dunia. Meski memiliki agama resmi Islam, Maldives tetap populer sebagai wisata bulan madu dan terkenal bebas berbikini.

Kembali lagi ke Male, Maldives menetapkan bahwa hanya di Male saja penggunaan bikini dilarang. Karena di sana pantainya milik publik dan semua warga tinggal di sana.

Sementara di resor dan pulau pribadi, bikini diperbolehkan. Bisa dibilang, negara ini bisa menjual pariwisatanya dengan sangat baik.

Meski sangat cinta turis, Maldives tak segan-segan menghukum mereka yang melanggar. Sebagai negara yang memberlakukan syariat islam, Maldives akan memenjarakan turis yang berbikini di area pantai publik.

Tak boleh ada produk babi dan alkohol di area penduduk. Senjata api, amunisi dan obat-obatan terlarang pun haram hukumnya.

pulaupulau Kanifinolhu Foto: (Renky Liniaryadi/d'Traveler)

Fakta menarik lain Maldives adalah tercatat sebagai negara terendah dan paling datar di dunia. Tercatat dalam Guinness World Record ketinggian maksimum Maldives adalah 2,4 meter di atas permukaan di atas laut.

Sayangnya, negara ini memiliki masalah serius yang terkait dengan pemanasan global dan perubahan iklim. Saking parahnya perubahan iklim, air laut di sana terus naik dan diprediksi akan membuat Maldives tenggelam.



Simak Video "Geliat Negara-negara Islam Sambut Ramadhan Kedua di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA