Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Apr 2021 03:29 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Puasa Harus Fokus! Ini Masjid Ya, Bukan Permen

Syanti Mustika
detikTravel
A group of Muslim men pray inside the Jami Ul-Alfar Mosque in Colombo, Sri Lanka (March 31, 2017)
Foto: (iStock)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Jakarta -

Sri Lanka punya masjid dengan warna cantik dan tidak biasa. Warnanya seperti permen, merah putih. Jangan bayangin makanan ya jika wisata religi saat puasa.

Masjid ini bernama Masjid Jami Ul-Alfar. Berlokasi di Kolombo, Sri Lanka, Masjid Jami Ul-Alfar juga sering disebut Masjid Merah karena warna yang meriah.

Mengutip CNNIndonesia.com, Sabtu (24/4/2021) Masjid Jami Ul-Alfar tepatnya berada di distrik Pettah yang ramai oleh kesibukan pertokoan dan kendaraan bermotor setiap harinya. Sejarahnya, masjid ini dibangun sejak tahun 1908, lalu dibuka untuk umum setahun kemudian. Masjid Jami Ul-Alfar ialah salah satu masjid terbesar di Sri Lanka.

A group of Muslim men pray inside the Jami Ul-Alfar Mosque in Colombo, Sri Lanka (March 31, 2017)A group of Muslim men pray inside the Jami Ul-Alfar Mosque in Colombo, Sri Lanka (March 31, 2017) Foto: (iStock)

Arsitek dari masjid uni ini bernama Habibu Labbe Saibu Labbe. Labbe merancang masjid ini dengan memadukan unsur Gotik dan Neo Klasik. Dana pembangunannya berasal dari komunitas Muslim India yang bermukim di Sri Lanka.

Masjid yang juga dikenal dengan nama Rathu Palliya dan Samman Kottu Palli ini dibangun dengan gaya Indo-Saracenic. Desainnya mengingatkan pada Masjid Jamek yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia.

Masjid terdiri dari dua lantai dengan kapasitas jamaah sekitar 1.500 orang. Masjid ini menggelar salat berjamaah lima kali sehari, begitu juga dengan Salat Jumat dan Salat Ied.

A group of Muslim men pray inside the Jami Ul-Alfar Mosque in Colombo, Sri Lanka (March 31, 2017)A group of Muslim men pray inside the Jami Ul-Alfar Mosque in Colombo, Sri Lanka (March 31, 2017) Foto: (iStock)

Ceritanya, karena warnanya yang mencolok, kabarnya dulu pelaut akan melihat menara masjid ini sebagai panduan merapatkan kapal ke pelabuhan Kolombo. Nama Distrik Pettah secara harfiah berarti 'di luar benteng' dan selama berabad-abad telah menjadi pusat perdagangan.

Pengunjung masjid kebanggaan Sri Lanka ini boleh datang untuk wisata arsitektur, namun wajib mengenakan pakaian sopan dan serba panjang. Pengunjung wanita wajib menutupi bagian rambutnya.



Simak Video "Dewan Muslim Sri Lanka soal Larangan Burkak: Ancam Hak Warga Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA