Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Apr 2021 03:08 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inilah Masjid Badshahi, Kemegahannya Sudah Terlihat dari Jarak 16 Km!

Tak hanya jadi landmark populer di Pakistan, Masjid Badshahi juga jadi saksi kejayaan Islam di Pakistan. Masjid ini pun pernah jadi masjid terbesar di dunia lho
Masjid Badshahi (Istimewa/Dok. Wikipedia/Romero Maia)
Lahore -

Sebuah masjid megah berdiri di Pakistan. Saking besarnya, Taj Mahal pun terlihat sangat kecil jika dibandingkan dengannya.

Dikumpulkan detik Travel dari berbagai sumber, Masjid Badshahi menjadi landmark di kota Lahore, Pakistan. Menampung hingga 100 ribu jemaah, Badshahi pernah dinobatkan sebagai masjid terbesar di dunia selama 313 tahun lho. Hingga akhirnya Masjidil Haram selesai diperluas pada tahun 1986.

Badshahi dalam bahasa Persia berarti Masjid Sang Raja dan memang masjid ini didirikan oleh seorang Raja Mughal keenam bernama Aurangzeb Alamgair, putra pembangun Taj Mahal, Raja Shah Jahan. Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1673 Masehi.

Tak hanya jadi landmark populer di Pakistan, Masjid Badshahi juga jadi saksi kejayaan Islam di Pakistan. Masjid ini pun pernah jadi masjid terbesar di dunia lhoTak hanya jadi landmark populer di Pakistan, Masjid Badshahi juga jadi saksi kejayaan Islam di Pakistan. Masjid ini pun pernah jadi masjid terbesar di dunia lho Foto: Getty Images/Fox Photos

Masjid Badshahi begitu besar, sampai sampai bangunannya sudah terlihat dari jarak 16 km. Menaranya pun menjulang lebih tinggi 4,2 meter dari podium utama Taj Mahal. Menurut CNN Indonesia, Taj Mahal terlihat sangat kecil dibandingkan dengan Badshahi, bahkan bangunan itu bisa masuk ke halaman masjid.

Keindahannya terlihat dari tiga kubah besar berwarna putih didampingi delapan menara setinggi 60 meter di berbagai sudut. Sedangkan ruang salatnya terbagi menjadi tujuh bagian dengan menggunakan lengkungan multifoil yang didukung oleh pilar-pilar berat.

Sementara itu, dinding Masjid Badshahi dibangun dengan bata-bata kecil yang dibakar namun memiliki finishing batu pasir merah. Hiasan ukuran ditambah ornamen di setiap sisi tembok membuat pesona Masjid Badhsahi bertambah indah.

Dahulu, saat perang saudara antar India dan Pakistan, orang Sikh merebut masjid ini lalu dijadikannya pangkalan militer dan kandang kuda. Menaranya dijadikan tempat menembak jitu selama berpuluh-puluh tahun.

Hingga akhirnya setelah tahun 1947, Pakistan memerdekakan diri. Masjid Badshahi pun direnovasi dan digunakan sebagai tempat ibadah.

Badhsahi merupakan masjid terbesar di era Mughal dan merupakan masjid terbesar ketiga di Pakistan setelah Masjid Grand Jamia di Karachi dan Masjid Faisal di Islamabad. Arsitekturnya hampir mirip dengan Masjid Jama di New Delhi yang dibangun pada 1648.



Simak Video "Taliban Pakistan Ledakkan Bom Bunuh Diri, 3 Orang Tewas Seketika"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA