Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Apr 2021 11:48 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Desa Jerman Ini Disebut Masih Nol Kasus COVID-19, Berikut Rahasianya

Desa nol kasus COVID-19 di Jerman.
Foto: (Olivier Pieper/DW News)
Lieg -

Walau Jerman masih berjuang menekan kurva, sebuah desa di sana disebut masih nol kasus COVID-19. Kok bisa?

Dikutip detikTravel dari DW News, Rabu (28/4/2021), Desa Lieg di negara bagian Rheinland-Pfalz disebut menjadi desa di Jerman yang masih belum tersentuh COVID-19. Sebelumnya, desa berpenduduk 400 orang ini juga dikenal indah.

Berjarak enam kilometer di sebelah timur Sungai Mosel, Desa Lieg didominasi oleh rumah setengah kayu dan gereja layaknya Kota Bavaria. Namun, desa ini lebih mencuri perhatian karena tiada kasus COVID-19.

Sementara Jerman mencatat kasus infeksi COVID-19 sekitar 3,25 juta orang, Desa Lieg disebut bebas sama sekali. Status desa COVID-19 juga masih melekat hingga saat ini.

Walikota Heinz Zilles mengaku tak punya rahasia khusus. Ia menyebut, kalau mereka masih dilindungi oleh Tuhan.

"Kami sangat beruntung sampai saat ini. Tidak ada jaminan akan terus begini, tapi mungkin ada malaikat pelindung yang melindungi kami," pungkasnya.

Semenjak media setempat memberitakan desa tersebut, Heiz disebut banjir telepon dan permintaan wawancara. Hanya soal status desanya yang nol COVID-19, ia menyebut kuncinya mungkin ada dalam semangat warganya.

"Ada banyak semangat komunitas yang nyata di desa kami, banyak orang yang terlibat dalam pekerjaan sukarela. Orang bahu-membahu melakukan sesuatu," ucapnya.

Ia pun mencontohkan orang-orang muda di desanya yang kerap berkumpul dan menawarkan layanan belanja bagi para lansia. Sementara itu ada juga para orang tua yang mengumpulkan uang untuk membeli filter udara di sekolah secara urunan.

Lebih lanjut, tak ada yang namanya keajaiban untuk melawan sebuah pandemi. Yang ada, hanyalah semangat gotong royong untuk saling bahu membahu. Nyatanya, semua orang di sana sangat hati-hati dan mawas diri pada pandemi ini.

"Orang-orang berpegang pada aturan kesehatan secara bijaksana dan berdisiplin. Mereka menyadari bahwa apa yang kita hadapi adalah fenomena global dengan jangkauan yang luas," jelasnya.

Lebih lagi, gedung pertemuan di desa itu juga diubah jadi pusat tes COVID-19. Semenjak dibuka beberapa minggu lalu, sekitar 80% penduduk desa datang dengan sukarela untuk melakukan tes. Ketika diuji, semuanya disebut negatif.

Fakta bahwa tidak ada infeksi COVID-19 di Lieg semakin mengagumkan, mengingat 90% persen penduduk desa bekerja di luar. Hanya, meminjam istilah sepakbola, "tim Lieg bermain dengan pertahanan yang ketat dan berusaha tidak kebobolan gol apa pun", kata Heinz.

Mengingat pertahanan dari tim sepakbola Jerman yang solid, tentunya kita tidak heran mengapa Desa Lieg dapat menjaga desanya dari COVID-19.



Simak Video "Corona di Jerman Melonjak Tajam Walau 60% Warganya Sudah Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA