Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Mei 2021 18:21 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mau Bungee Jumping tapi Takut? Sekarang Bisa Pakai Virtual Reality

Putu Intan
detikTravel
Bungee Jumping Virtual di Jepang
Foto: Youtube Bungee VR everywhere
Tokyo -

Jepang punya solusi untuk wisatawan yang ingin merasakan bungee jumping tapi takut ketinggian. Mereka menyediakan layanan virtual reality (VR) untuk wisatawan terjun secara virtual.

Beberapa tahun belakangan, virtual reality atau realitas virtual semakin digemari masyarakat. VR memberikan pengalaman baru pada orang-orang yang ingin merasakan sensasi berada di suatu tempat tanpa benar-benar hadir di tempat tersebut.

Terutama di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, di mana pergerakan masyarakat terbatas, VR menjadi pilihan. Di negara seperti Jepang yang memiliki teknologi maju, orang-orang yang tak bisa keluar rumah, dapat menikmati pemandangan bunga sakura cukup dari sofa rumah mereka.

Nah, sekarang layanan VR di Jepang diperluas. Jika biasanya VR hanya digunakan untuk jalan-jalan ke tempat mainstream, kini ada layanan VR yang memacu adrenalin yakni bungee jumping dari Tokyo Tower.

Disebut Tokyo Tower Bungee VR, acara ini menyediakan fasilitas bagi orang-orang untuk melompat dari salah satu bangunan tertinggi di Tokyo tanpa harus khawatir akan risiko keamanannya. Fasilitas VR itu ditempatkan di lantai dua Menara Tokyo.

Dikutip dari SoraNews 24, Sistem VR ini sendiri dikembangkan berkat kolaborasi antara pengembang realitas virtual Logilicity dan Cad Center. Mereka bekerja sama dalam mengatur logistik dan menyediakan tata letak digital dari kota metropolitan Tokyo.

Lantas bagaimana ya cara kerja VR ini?

[Gambas:Youtube]



Nah setiap orang yang ingin merasakan sensasi terjun virtual ini akan ditempatkan di sebuah rak sambil diikat. Lalu mereka akan mengenakan headset VR yang disediakan oleh penyelenggara acara.

Setelah orang tersebut diikat, sistem VR akan membawa mereka ke Tokyo versi digital. Mereka akan diajak untuk naik ke Tokyo Tower, melewati jalanan setapak, dan bersiap terjun seperti bungee jumping yang asli.

Kendati ini hanya virtual, peserta yang telah mencobanya mengaku tetap gugup ketika melihat pemandangan dari atas Tokyo Tower digital. Mereka juga diberi waktu untuk menikmati lanskap Tokyo sebelum melompat.

Meskipun gerakannya tak sama persis ketika melompat dari ketinggian 150 meter, visualnya bekerja dengan baik untuk membuat mereka seolah-olah jatuh dari atas menara.

Tokyo Tower Bungee VR ini akan tersedia hingga 9 Mei 2021. Untuk tiketnya dipatok mulai 1.200 yen (untuk dewasa), 1.000 yen (untuk siswa sekolah menengah), dan 700 yen (untuk siswa SD dan SMP).



Simak Video "Sunset Bungee Jumping, Sensasi Melompat Di Jingganya Senja Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA