Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Mei 2021 21:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Profil Masjid Agung Taipei yang Ditutup karena 1 WNI Positif COVID-19

Masjid Besar Taipei
Foto: (dok Masjid Agung Taipei)
Taipei -

Masjid Agung Taipei di Taiwan terpaksa ditutup setelah 1 WNI yang positif COVID-19 datang ke sana. Faktanya, masjid itu populer di kalangan WNI.

Dikutip detikTravel dari Antara, Senin (3/5/2021), masjid terbesar dan termashyur di Taiwan itu harus ditutup hingga setelah Idul Fitri akibat terpapar COVID-19 via seorang pilot WNI yang berkunjung ke sana.

Pengumuman itu dirilis Yayasan Masjid Besar Taipei pada Sabtu (1/5). Informasi dari berbagai sumber di Taiwan menyebutkan, bahwa kasus COVID-19 bermula dari seorang pilot pesawat China Airlines berkewarganegaraan Indonesia yang hasil tes PCR-nya positif saat baru mendarat di Australia pada 21 April 2021.

Dengan adanya penutupan tersebut, kegiatan salat Idul Fitri pada 15 Mei 2021 dipastikan ditiadakan. Namun, tak ada salahnya kita mengenal masjid agung tersebut.

Berlokasi di Taipei, masjid agung itu berada di distrik Daan. Diketahui, masjid itu merupakan bangunan Islam terpenting di Taiwan sekaligus landmark bersejarah.

Berdiri di tahun 1960, masjid itu dibangun atas dana bersama oleh pemerintah Taiwan dan Arab Saudi. Di baliknya ada sosok arsitek kenamaan Taiwan, Yang Cho-cheng yang juga mendesain Balai Peringatan Chiang Kai-shek.

Di Taiwan, Islam sejatinya merupakan agama yang belakangan masuk. Hanya walau begitu, Islam tetap tumbuh di sana walau pelan.

Masjid di Taipei yang populer di kalangan WNI.Masjid di Taipei yang populer di kalangan WNI (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Fakta menarik lain, Indonesia ternyata ikut andil mempopulerkan penyebaran agama Islam di Taiwan. Antara lain lewat para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mencari devisa di sana.

Diketahui, ada sekitar 80.000 TKI Muslim yang bekerja di Taiwan saat ini. Sedangkan umat Islam Taiwan adalah sekitar 53.000 orang. Total ada sekitar 140 ribu umat Islam di Taiwan, merujuk pada data di tahun 2007 silam.

Masjid Besar Taipei menjadi tujuan utama bagi warga negara asing, termasuk dari Indonesia yang hendak melakukan salat. Menariknya lagi, traveler bisa menjumpai sejumlah restoran halal di sekitar masjid termasuk rumah makan Indonesia.

Sebelum pandemi, masjid berlantai dua tersebut selalu kelebihan daya tampung jamaah salat Jumat dan salat Idul Fitri. Namun, momen besar itu tampaknya harus ditiadakan tahun ini akibat COVID-19.



Simak Video "Imlek di Tengah Pandemi, Pasar Taipei Malah Ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA