Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Mei 2021 17:21 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pandemi COVID-19, Orang Jepang Pilih Kerja dari Desa Wisata

Putu Intan
detikTravel
Pandemi COVID-19, Orang Jepang Memilih Kerja dari Desa Wisata
Foto: www.tokushima-workingstyles.com
Tokyo -

Pandemi COVID-19 telah merubah rutinitas masyarakat Jepang. Saat ini banyak dari mereka yang memilih bekerja dari desa dengan fasilitas canggih.

Bekerja dari rumah (work from home) kerap kali membuat pekerja bosan. Melihat fenomena ini, banyak tempat wisata yang mulai menyediakan fasilitas yang memanjakan para karyawan yang ingin bekerja dengan suasana baru.

Di Jepang, terdapat sebuah fasilitas yang disebut Kantor Satelit (Satellite Office) di mana para pekerja dipindahkan ke pedesaan atau daerah terpencil untuk melaksanakan WFH. Kantor Satelit sendiri merupakan fasilitas yang digagas pemerintah.

Salah satu lokasi yang digemari adalah Prefektur Tokushima yang terletak di Pulau Shikoku, Jepang barat. Prefektur ini sukses memikat pekerja jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan optiknya yang cepat. Selain itu di sana juga terdapat banyak rumah tua yang dapat digunakan.

Salah satunya adalah Kedaiaman Mori. Bangunan berusia 150 tahun ini menarik minat pekerja jarak jauh.

Dikutip dari Mainichi, rumah tua itu dulunya kosong lalu direnovasi pada tahun 2017 untuk dijadikan Kantor Satelit. Saat ini empat orang termasuk karyawan G&C Consulting Co., yang berkantor pusat di Nakagyo, Kyoto, memutuskan untuk bekerja di sana.

"Saya menikmati bekerja di gedung bersejarah ini," kata karyawan G&C Consulting, Daichi Misu sambil tersenyum.

"Saya bersyukur tidak ada harus terburu-buru dan tidak ada kemacetan lalu lintas. Karena saya bisa berjalan-jalan di sekitar tempat wisata untuk refreshing, efisiensi kerja saya meningkat," ujarnya.

Selain kaya akan keindahan alam, Prefektur Tokushima memiliki jangkauan jaringan optik yang baik, dan terdapat banyak rumah tua yang tidak digunakan. Prefektur tersebut juga secara aktif mempromosikan daerahnya sebagai tujuan para pekerja jarak jauh.

Dengan demikian, prefektur ini menjadi yang paling populer di antara 47 prefektur Jepang bagi perusahaan untuk mendirikan kantor satelit. Kantor Pusat Strategis Badan Urusan Konsumen untuk Frontiers of Consumer Policy terletak di dalam markas besar Pemerintah Prefektur Tokushima, menjadikannya badan nasional pertama yang fungsinya dipindahkan ke daerah terpencil sejak Era Meiji (1868-1912).

Pemerintah Kota Tsurugi di prefektur yang sama juga telah mengoperasikan bagian dari rumah mantan kepala desa sebagai ruang kerja bersama. Ada juga rencana untuk merenovasi rumah bekas gubernur yang kosong dan mengubahnya menjadi kantor satelit. Langkah-langkah semacam itu telah membantu menghidupkan kembali area tersebut.



Simak Video "Voli Lumpur Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA