Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Jun 2021 06:12 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bye-bye Polandia, Inggris Bakal Punya Kolam Renang Terdalam Dunia

bonauli
detikTravel
Cornwall -

Kolam renang terdalam dunia kini dimiliki oleh Polandia. Inggris tak mau kalah.

Inilah Blue Abyss di Cornwall, Inggris. Blue Abyss digadang-gadang akan mengalahkan Deepspot di Mszczonow, Polandia. Kalau Deepspot memiliki kedalaman 45,5 meter, Blue Abyss akan memiliki kedalaman 50 meter.

Dilansir dari Daily Star, Blue Abyss nantinya akan menjadi tempat olahraga ekstrim dunia. Bahkan kolam renang ini menjadi tempat untuk pelatihan astronot.

Blue Abyss akan dibangun berundak dengan ukuran 50x40 meter. Kolam renang ini mampu menampung 42.000 meter kubik yang sama dengan 17 kolam renang olimpiade atau bahkan 168 juta cangkir teh.

Blue AbyssBlue Abyss Foto: (Blue Abyss)

Fasilitas ini dibangun senilai 150 juta pound sterling atau sekitar Rp 3 miliar. Selain jadi tempat latihan astronot, Blue Abyss juga akan digunakan untuk melatig staf sektor energi luar angkasa, pertahanan, kelautan dan lepas pantai, serta menguji teknologi bawah laut seperti robotika bawah laut.

"Pusat perintis ini akan menjadi fasilitas penelitian, pelatihan dan pengujian laut dalam dan ruang angkasa yang paling komprehensif dari jenisnya di dunia, tak tertandingi dalam luas konfigurasinya," ujar pernyataan di situs Blue Abyss.

Blue Abyss merupakan fasilitas yang dibangun dari ide mantan instruktur selam dan konsultan manajemen Jihn Vickers. Dia berencana untuk menjadikan Blue Abyss sebagai fasilitas unik global dengan berbagai potensi penggunaan yang memanfaatkan begitu banyak industri di area Cornwall.

Blue AbyssBlue Abyss Foto: (Blue Abyss)

"Proyek ini akan bergabung dengan Goonhilly Earth Station and Spaceport Cornwall sebagai aset nasional yang signifikan, menciptakan penelitian laut dalam dan ruang angkasa, fasilitas pelatihan dan pengujian, serta sumber daya pendidikan yang fantastis, membantu memperluas pengetahuan kita tentang bagaimana manusia dan teknologi dapat berfungsi secara ekstrem untuk kepentingan manusia dan planet ini," ujar Major Peake, dewan penasihat Blue Abyss.

Kegunaannya yang luar biasa membuat Blue Abyss menjadi aset penelitian besar untuk segala pusat pendidikan anak-anak hingga mahasiswa. Wah, Blue Abyss bukan kolam renang biasa, ya!

(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA