Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Mei 2021 18:02 WIB

TRAVEL NEWS

Wow! Telepon Umum Warna Merah di London Dilelang Mulai Rp 898,1 Juta

Femi Diah
detikTravel
Boks Telepon Jadi Perpus
Foto: (dok. Istimewa)
London -

Boks telepon merah yang amat ikonik di London boleh jadi cuma berukuran kurang dari 1 meter persegi dan siapa sih yang masih menggunakan telepon umum saat ini? Tapi, dalam sebuah lelang harganya setara rumah biasa mencapai Rp 1 miliar.

Dikutip dari Mirror, boks telepon merah yang seperti sel itu, cuma cukup untuk berdiri, yang akan dilelang itu merupakan satu dari lima boks yang ada di London. Lokasinya ada di stasiun bawah tanah Southwark.

Harga di pelelangan dimulai dari 45 ribu pound sterling atau setara dengan Rp 898,1 juta. Nominal itu bisa untuk membeli rumah keluarga.

Kendati dibuka dengan harga yang cukup tinggi, nominal itu dinilai wajar. Sebab, ada potensi boks telepon itu sebagai tempat berbisnis.

Selain itu, situs penjualan properti Rightmove menyebut boks telepon merah itu memiliki nilai sejarah tinggi. Kotak telepon merah yang akan dilelang itu memiliki tipe K6 yang diproduksi untuk memperingati Raja George di tahun 1930.

Kotak telepon merah K6 cukup banyak, mencapai 20.000 sel telepon dan tersebar di Britania Raya. Di tahun 1970-1980 banyak kotak telepon merah yang rusak dan sisanya sekitar 2.000 sel telepon umum dimasukkan dalam daftar bangunan bersejarah.

Tipe kotak telepon merah lain adalah K2. Yang ini lebih luas dan memiliki ventilasi yang membentuk lambang kerajaan George V. Jumlahnya sedikit sehingga jarang ditemui.

Kotak telepon merah 'K6' yang terdaftar dalam sejarah atau kios 'Jubilee', memperingati perayaan perak penobatan Raja George V. Kotak itu memiliki tinggi 2,5 meter dan berukuran 0,9 meter persegi. Kotak telepon merah itu dirancang oleh Sir Giles Gilbert Scott, yang juga merancang Katedral Anglikan Liverpool, Pembangkit Listrik Battersea, dan Pembangkit Listrik Bankside sekarang Tate Modern.

Lembaga Sejarah Inggris telah mendaftarkan kotak telepon itu untuk pelestarian kotak merah ikonik ini, dan banyak yang telah mengubahnya menjadi kedai kopi, perpustakaan, museum, toko roti, dan defibrillator.

"Di Cheltenham, 10 kotak telepon merah telah diubah menjadi galeri seni miniatur, memamerkan karya seniman lokal," tulis informasi lelang.

Pelelangan akan dilakukan dengan BidX1 dalam lelang online tengah pekan ini.

"Kalian dapat memiliki kotak telepon ini untuk menjual apa saja dan dapat melegonya kapan saja, namun ini adalah situs warisan jadi tidak dapat dihancurkan ataupun diubah bagian luarnya. Boks telepon merah ini masuk Daftar Bangunan Bersejarah Inggris."



Simak Video "Covent Garden, Kawasan Paket Lengkap untuk Turis di London"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT