Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 02 Jul 2021 16:28 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Fakta Stadion Krestovsky, Venue Duel Swiss vs Spanyol di Perempat Final Euro 2020

Putu Intan
detikTravel
Stadion Krestovsky Rusia
Stadion Krestovsky, St Petersburg, Rusia. (A.Savin/Wikimedia Commons)
Jakarta -

Swiss dan Spanyol bakal mengawali babak perempat final Euro 2020. Dua tim itu berebut tiket empat besar di Stadion Krestovsky, saint Petersburg. Seperti apa ya?

Tak terasa gelaran Euro 2020 telah mencapai babak perempat final. Sebanyak delapan tim nasional negara Eropa akan berlomba menyabet gelar sebagai yang terbaik di Benua Biru.

Swiss akan berhadapan dengan timnas Spanyol di Stadion Krestovsky, St Petersburg, Rusia, Jumat (2/7/2021) malam WIB. Dua tim itu bakal berduel di markas dari klub sepakbola Rusia, Zenit Saint Petersburg.

Berikut ini 5 fakta dari Stadion Krestovsky:

1. Tergolong stadion baru

Stadion Krestovsky mulai dibangun pada 2007 dan resmi dibuka pada 22 April 2017. Pembangunan stadion ini masuk dalam proyek persiapan Rusia ketika ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018.

2. Didesain oleh arsitek Jepang

Arsitek Jepang, Kishi Kurokawa, turut andil dalam pembangunan Stadion Krestovsky. Kala itu ia memenangkan kompetisi desain stadion yang bentuknya menyerupai pesawat kapal luar angkasa.

Stadion KrestovskyStadion Krestovsky Foto: Getty Images/Buda Mendes

Stadion ini juga memiliki desain mirip dengan Tokyo Stadium di Jepang yang juga digarap Kishi. Desain itu kemudian dimodifikasi hingga menjadi stadion yang kita lihat sekarang.

A picture taken from the Pleiades satellites, operated by Airbus Defence and Space, and released by Airbus June 6, 2018 shows the Saint Petersburg Krestovsky Stadium, which will host matches of the 2018 FIFA World Cup in Saint Petersburg, Russia.    Pleiades/CNES 2018/Distribution Airbus DS/Handout via Reuters NO RESALES. NO ARCHIVES. THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. IT IS DISTRIBUTED, EXACTLY AS RECEIVED BY REUTERS, AS A SERVICE TO CLIENTSStadion Krestovsky dari satelit (Pleiades/CNES 2018/Distribution Airbus DS/Handout via Reuters)

3. Pembangunan menelan dana 597 juta Euro

Membangun sebuah stadion yang digunakan untuk gelaran Piala Dunia hingga Piala Eropa jelas membutuhkan biaya besar. Termasuk Stadion Krestovsky yang menelan biaya 597 juta Euro atau sekitar Rp 10,2 triliun.

4. Menampung puluhan ribu penonton

Stadion Krestovsky berkapasitas 68.134 penonton. Pada gelaran Piala Dunia 2018, stadion ini menjadi stadion kedua terbesar setelah Luzhniki Stadium yang berkapasitas 78.011 penonton.

5. Dibangun di bekas stadion legendaris

Lokasi pembangunan Stadion Krestovsky berada di tanah yang sama dengan Kirov Stadium. Sebelumnya, Kirov Stadium adalah stadion utama di St Petersburg. Kegiatan operasional stadion itu kemudian ditutup pada 29 Agustus 2006 lalu bangunannya diruntuhkan.



Simak Video "Jagokan Belgia di Euro 2020, Vicky Prasetyo: Deretan Pemainnya Oke!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA