Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Jul 2021 20:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sejarah Dollar Amerika, Mata Uang Paling Berharga Sedunia

Hari Suroto
detikTravel
Seorang petugas menata uang dollar di Jakarta, Senin (30/6/2014). Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat terhadap rupiah sehingga mendorong minat masyarakat untuk berburu mata uang negeri Paman Sam ini.
Foto: Mata uang Dollar Amerika Serikat (Rachman Haryanto/detikcom)
Jayapura -

Mata uang Dollar Amerika Serikat termasuk salah satu mata uang paling berharga di dunia. Bagaimana sejarah mata uang ini? Mari kita simak kisahnya.

Dollar Amerika Serikat hingga sekarang menjadi mata uang yang jadi patokan kurs mata uang negara-negara di dunia. Sejak kapan ada dollar Amerika?

Pada tahun 1781, Amerika masih berperang memperjuangkan kemerdekaannya dari Inggris. Pada saat itu, Robert Morris, oleh konggres diangkat sebagai pengawas keuangan negara. Robert Morris lah yang pertama kali mengusulkan pada kongres agar Amerika Serikat memiliki mata uang sendiri.

Ide itu terwujud setelah perang kemerdekaan selesai pada 19 April 1783, dengan pengumuman kemerdekaan Amerika dalam parlemen Inggris oleh Raja George III.

"Mudah-mudahan persamaan agama dan bahasa serta rasa cinta akan mengeratkan hubungan antara Inggris dan Amerika," ucap George III.

Pada masa itu di Amerika Serikat, bermacam-macam uang Eropa yang beredar, shilling Austria, pound Inggris, gulden Belanda, frank Perancis dan yang paling banyak beredar ialah dollar Spanyol.

Waktu itu, Thomas Jefferson menjadi perwakilan Virginia untuk konggres Amerika. Thomas Jefferson lah yang ikut menetapkan mata uang yang akan dipakai di Amerika hingga sekarang.

"Kita pilih saja mata uang yang paling banyak digunakan, yaitu dollar Sepanyol sebagai patokan uang Amerika Serikat," kata Thomas Jefferson.

Maka mata uang negara baru Amerika adalah dollar. Sepersepuluh dollar Amerika menjadi dime, istilah yang berasal dari bahasa Latin yang berarti sepuluh.

Seperseratus dollar menjadi cent, istilah yang berasal dari bahasa Latin yang artinya seratus. Mata uang dollar Amerika Serikat pertama kali pada waktu itu berbentuk koin.

Koin ini disebut juga Penny Franklin. Pada bagian depan terdapat gambar rantai dengan tiga belas lingkaran yang menggambarkan gabungan 13 negara-negara bagian.

Negara bagian itu antara lain New Hampshire, New York, Massachusetts, Rhode Island, Connecticut, Pennsylvania, New Jersey, Delaware, Maryland, Virginia, North Carolina, South Carolina dan Georgia. Di bagian belakang uang tertulis semboyan Benjamin Franklin yaitu 'Mind Your Business'.


---
Artikel ini dibuat oleh Hari Suroto dari Balai Arkeologi Papua dan diubah seperlunya oleh redaksi.



Simak Video "DPR Amerika Serikat Tangguhkan Batas Utang Federal"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA