Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Jul 2021 10:04 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Asyik, Untuk Pertama Kalinya Tibet Miliki Jalur Kereta Peluru

Kereta peluru tibet
Foto: Jalur kereta Lhasa-Nyingsi (Getty Images)
Lhasa -

Untuk pertama kalinya, wisatawan yang datang ke Tibet bisa lihat pemandangan indah dengan kecepatan tinggi. Wisatawan bisa naik kereta peluru!

Mengutip CNN Travel, jalur kereta api sepanjang 435 km menghubungkan Ibu kota Tibet, Lhasa dengan kota Nyingchi. Jalur kereta yang mulai beroperasi pada 25 Juni tersebut memberi akses perjalanan ke 31 wilayah provinsi di China daratan.

Pembangunan 90 persen dari rute membutuhkan waktu enam tahun. Jalur tersebut berada di ketinggian lebih dari 3.000 mdpl.

Menariknya, jalur Lhasa-Nyingchi memiliki 47 terowongan dan 121 jembatan, termasuk Zangmu, jembatan lengkung terbesar dan tertinggi dari jenisnya di dunia yang memiliki panjang 525 meter.

Proyek besar ini tentu memakan biaya yang begitu banyak, yaitu sebesar RMB 36,6 miliar atau sekitar 82 triliun. Di atasnya kereta listrik berkecepatan tinggi, Fuxing melaju.

Dioperasikan oleh China State Railway Group milik negara, Fuxing dilengkapi dengan sistem pasokan oksigen otomatis, yang menjaga kadar oksigen tetap konstan 23,6 persen.

Tak kalah menarik, jendelanya dilengkapi dengan lapisan kaca khusus yang dirancang untuk menahan tingkat UV yang tinggi di kawasan tersebut.

Kereta Fuxing ditenagai oleh mesin pembakaran internal dan mesin listrik. Mesin bertenaga ganda tersebut memungkinkan kereta mencapai traksi atau gaya gesekan tanpa mengalami slip sepanjang perjalanan selama 2,5 jam. di jalur kereta listrik dan non listrik.

Namun, biarpun dikatakan kereta cepat, laju kecepatannya hanya sekitar 160 km per jam, jauh lebih lambat dari kecepatan maksimum 350 km per jam jika dibandingkan banyak jalur lain di China.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pesan Dalai Lama Dari Tempat Pengungsian"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA