Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Jul 2021 22:32 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kreatif! Kota Ini Pakai Kereta Gantung Supaya Bebas Macet

bonauli
detikTravel
Di banyak Negara, kereta gantung menjadi salah satu wahana dalam pariwisata ataupun ski. Namun di Meksiko City, dijadikan transportasi publik dan dinilai murah.
Cablebus di Mexico City (AP Photo/Rebecca Blackwell)
Mexico City -

Macet menjadi salah satu masalah di kota-kota besar. Tapi kota yang satu ini kreatif, bebaskan macet dengan kereta gantung.

Hah, gimana? Iya, kota ini adalah Mexico City di Meksiko. Hari minggu (11/7) lalu, walikota Mexico City meresmikan rute pertama jalur Cablebus alias kereta gantung.

Kalau biasanya kereta gantung ada di tempat wisata, Mexico City membangunnya di tengah kota. Dilansir dari Associated Press, Cablebus menjadi proyek kereta gantung terbaru di Amerika Latin.

Dengan total penduduk 9,2 juta, Mexico City butuh sebuah terobosan baru untuk masalah macet. Proyek ini disebut-sebut sebagai solusi dari macet parah yang terjadi di sana.

Jalur yang baru diresmikan adalah Stasiun Indios Verdes dengan area atas Cuatepec. Jalur kereta gantung nantinya akan semakin luas dan melayani pinggiran kota.

Di banyak Negara, kereta gantung menjadi salah satu wahana dalam pariwisata ataupun ski. Namun di Meksiko City, dijadikan transportasi publik dan dinilai murah.Di banyak Negara, kereta gantung menjadi salah satu wahana dalam pariwisata ataupun ski. Namun di Meksiko City, dijadikan transportasi publik dan dinilai murah. Foto: AP Photo/Rebecca Blackwell

Transportasi ini memang dibuat untuk membantu warga kelas menengah yang jumlahnya lebih dari 9 juta jiwa. Jesus Esteva, Sekretaris Pekerjaan Kota Meksiko, menyebutnya sebagai proyek integrasi sosial.

"Ini adalah proyek regenerasi kota," katanya.

Kereta gantung ini akan memangkas waktu perjalanan dari 1,5 jam menjadi 40 menit. Penduduk bisa menghemat waktu dengan adanya Cablebus.

"Ini akan menguntungkan saya lebih dari apa pun, istri saya, putra saya dan saya karena kami adalah orang-orang yang pergi ke Indios Verdes," ujarnya.

Di banyak Negara, kereta gantung menjadi salah satu wahana dalam pariwisata ataupun ski. Namun di Meksiko City, dijadikan transportasi publik dan dinilai murah.Warga terlihat antusias untuk antre cablebus. Foto: AP Photo/Rebecca Blackwell

Negara lain mungkin mengatasi kemacetan dengan subway atau MRT. Namun Cablebus menjadi pilihan Meksiko karena lebih mudah dan cepat untuk masyarakat. Sudah begitu, kereta gantung lebih cocok untuk mereka yang bermukim di lereng bukit.

Negara tetangga Meksiko sudah memiliki kereta gantung yang melayani satu pinggiran utara Kota Meksiko, dan jalur pertama kota itu sendiri juga dibangun di sisi utara yang populasinya padat.



Simak Video "Rel Layang Ambruk-Tewaskan 26 Orang di Mexico City Picu Demo Ricuh"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA