Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Jul 2021 16:12 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Katanya, Mitos Kelam Desa Ini Jadi Inspirasi Disney

bonauli
detikTravel
Desa Beddgelert di Wales
Foto: (Getty Images)
Beddgelert -

Cerita mitos suatu daerah memang jadi salah satu penarik wisatawan. Begitu pula dengan desa satu ini, Beddgelert.

Beddgelert merupakan desa subur nan hijau di Snowdonia, Gwynedd, Wales. Ada yang menarik dari nama desa ini, nama Bedd memiiliki anjing, sementara gelert adalah nama seekor anjing.

Menurut kisah yang beredar di masyarakat, ada arti kelam dalam penamaan nama desa ini. Kisah ini pun mengilhami dongeng dan film Disney, seperti yang dilansir dari Daily Star.

Pada abad ke-13, Pangeran Gwynedd, Llewelyn memimpin daerah Wales. Dikatakan pangeran memiliki seekor anjing bernama Gelert.

Waktu itu Llewelyn memiliki istana di desa Beddgelert dan sering pergi ke sana untuk berburu. Suatu ketika, sang pangeran pergi berburu sendiri.

Desa Beddgelert di WalesDesa Beddgelert di Wales Foto: (Getty Images)

Gelert, sang anjing, dipercaya untuk menjaga rumah dan keluarganya. Llewelyn meninggalkan putranya yang masih bayi di sana.

Begitu kembali dari perburuan, Gelert menyambut sang pangeran dengan gembira. Sang anjing melompat gembira ke pelukan pangeran.

Sang pangeran pun menyambutnya. Tapi begitu dilihat dengan seksama, anjing kesayangannya ini penuh dengan noda darah.

Desa Beddgelert di WalesDesa Beddgelert di Wales Foto: (Getty Images)

Llewelyn memutuskan untuk mengengok bayi laki-lakinya. Kaget bukan kepalang, buaian bayi itu kosong dengan seprai dan lantai berlumuran darah.

Amarah memuncak, pangeran gelap mata dan membunuh anjingnya. Saat pedang menusuk sang anjing, terdengar suara tangisan bayi dari luar.

Pangeran Llewelyn langsung bergerak mencari asal suara. Seketika kaki sang pangeran lemas, mendapati sang bayi sedang menangis di dekat seekor serigala besar yang sudah mati.

Sang pangeran pun menyesali keputusannya. Sang anjing ternyata bukan membunuh anaknya tapi justru menyelamatkannya. Pangeran Llewelyn pun bersedih dan terkenal sebagai pemurung. Bahkan katanya sang pangeran tak pernah tersenyum lagi.

Gelert pun dikubur di desa dengan batu nisan sebagai penghormatan. Kuburannya dapat ditemukan di sana dan menjadi salah satu obyek wisata.

Namun tak sedikit yang percaya bahwa cerita ini hanya dongeng semata. Sehingga mampu menarik kunjungan wisawatan ke sana.

Tak salah, karena Beddgelert adalah desa yang mempesona. Rumah-rumahnya masih banyak yang dibangun dari batu dan memiliki pemandangan yang indah.



Simak Video " Sydney Lockdown Usai Ada 12 Kasus Baru Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA