Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Jul 2021 13:54 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pantai Tsurigasaki Venue Surfing Olimpiade Tokyo Punya Ombak Keren, Ada Kuil Jodoh

Femi Diah
detikTravel
Tokyo 2020 Surf Venue Tsurigasaki Beach Popular name Shida Shita
Pantai Tsurigasai di Chiba, venue surfing Olimpiade 2020 Tokyo (Getty Images/Pedro Gomes)
Tokyo -

Pantai Tsurigasaki menjadi venue surfing di Olimpiade 2020 Tokyo. Awalnya muncul spekulasi pantai buatan yang digunakan, namun pantai alami yang dipilih.

Surfing menjalani debut di Olimpiade bersama skateboard, karate, dan panjat tebing. Setelah surfing diputuskan resmi masuk Olimpiade, sempat muncul spekulasi soal venuenya.

Tidak sedikit yang mewacanakan surfing bakal dilombakan di pantai buatan yang sengaja dibangun di Tokyo atau kota di dekatnya. Jepang memiliki pengalaman membangun pantai indoor keren dan luar biasa besar dengan fasilitas yang lengkap.

Ya, Jepang memiliki Seagaia Ocean Dome yang terletak di daerah Miyazaki, Kyushu. Pantai ini komplet dengan ombak buatan, gunung berapi, serta flora dan fauna.

Ketinggian ombak di sini bisa diatur menggunakan alat khusus. Ombak itu bisa digunakan untuk berselancar. Bedanya, cuma tidak mengandung garam.

Direktur Olahraga IOC atau Komite Olimpiade Dunia Kit Mc Connell segera meluruskan spekulasi itu. Dia menegaskan pantai alamiah yang bakal dijadikan venue surfing.

"Kami mencari pantai alami untuk surfing. Jepang memiliki sejumlah pantai dengan ombak besar dan budaya surfing yang tetap eksis," ujar MCConnel seperti dikutip wavelengthmag.com.

Dalam prosesnya, Pantai Tsurigasaki yang berada di kota Ichinomiya, Prefektur Chiba, yang dipilih menjadi venue surfing Olimpiade Tokyo. Pantai ini langganan masuk daftar tempat selancar terbaik di Jepang.

Pantai Tsurigasaki terletak sekitar 64 km sebelah timur Tokyo, sebagai kota tuan rumah Olimpiade 2020. Dengan kereta, kota Ichinomiya bisa ditempuh dalam tempo satu jam. Selain lokasi yang tidak terlalu jauh dari Tokyo, pantai ini dipilih karena memiliki gulungan ombak besar dan kuat yang konsisten.

Aspek lainnya, Pantai Tsurigasaki berpengalaman menjadi tuan rumah kejuaraan surfing dunia. Salah satunya, WQS 6000 yang digelar selama tiga tahun beruntun.

Pantai ini juga menjadi kawah candradimuka peselancar Jepang kelas dunia. Di antaranya, Hiroto Ohhara, surfer Jepang pertama yang memenangkan US Open dan Reo Inaba yang mewakili Jepang di Olimpiade 2020 ini.

Selain menjadi tempat surfing yang populer, pantai ini juga memiliki sejarah dan budaya yang menarik. Kota Ichinomiya mendapatkan nama dari Kuil Kazusanokuni Ichinomiya Tamasaki. Kuil ini dikenal sebagai kuil keberuntungan dalam pernikahan, kelahiran anak, dan bisnis.

Selama Olimpiade, Pantai Tsurigasai bakal menjadi panggung 40 surfer terbaik dunia, 20 peselancar pria dan 20 peselancar putri. Indonesia meloloskan Rio Wida.



Simak Video "Keseruan Peselancar Pangandaran Berlatih di Dermaga Bojongsalawe"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA