Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Okt 2021 12:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

7 Negara di Dunia yang Sudah Meninggalkan Sistem Monarki

Tim detikcom
detikTravel
Destinasi menyelam terbaik
Foto: Ilustrasi Fiji (CNN)

4. Maladewa

Pada abad ke-17, Maladewa pernah menjadi kesultanan di bawah perlindungan penguasa Belanda atas Ceylon (Sri Lanka). Pada tahun 1976, Inggris berhasil menguasai Ceylon dan membuat negara ini masuk dalam Persemakmuran Inggris kala itu.

Pada 1932, Maladewa menerapkan konstitusi demokratis pertamanya dengan memilih sistem pemerintahan Kesultanan. Pada tahun 1965, negara ini mendapatkan kemerdekaan politiknya dari Inggris dan mereka mengubah bentuk pemerintahannya menjadi republik di 1968.

5. Kroasia

Kroasia pernah menjadi bagian dari Kerajaan Habsburg hingga 1980-an. Namun pada tahun 1990, Kroasia mengubah bentuk negaranya sebagai republik. Pada abad ke-9, Croatia dipimpin oleh berbagai raja pribumi hingga 1102, ketika kerajaan jatuh ke Dinasti Hongaria.

6. Sri Lanka

Sri Lanka pernah hidup di bawah Kerajaan Inggris dengan nama Ceylon. Penaklukan British East India Company atas negara ini terjadi selama Revolusi Prancis (1792-1801).

Pada 1972, Ceylon mengubah bentuk negaranya dari Monarki menjadi republik dengan nama resmi Republik Sri Lanka. Namun, Sri Lanka harus menghadapi perang sipil selama 26 tahun sebelum berakhir damai.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Ratu Elizabeth Pemimpin Monarki Inggris Terlama"
[Gambas:Video 20detik]

(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA